Podcast » Talkshow

Talkshow PT. PLN Area Banda Aceh

12 February 2018 - 15:07 WIB

Talkshow PT. PLN (Persero) Area Banda Aceh
Edisi: Senin 12 Februari 2018
Tema: Prabayar solusi cerdas Listrik Pintar
Narasumber: Wahyu Ahadi Rouzi

Listrik sudah menjadi kebutuhan pokok sehari-hari, sebagian besar setiap rumah ada meteran listik sendiri. Bahkan kini listrik berangsur-angsur mulai masuk ke daerah pelosok Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Dari tahun ke tahun sudah banyak perubahan di pelosok-pelosok negara indonesia. Dulunya petugas PLN masih menghitung manual tagihan listrik dari meter listrik ke yang lain sehingga setiap bulan kantor PLN ramai dengan orang-orang yang mau membayar tagihan listrik,ada juga petugas PLN yang datang untuk menagih tagihan bulanan listrik ke rumah pelanggan, bahkan sampai memutus sementara arus listrik di rumah tersebut jika pelanggan belum membayar tagihan.

listrik pintar baru

Dengan kejadian-kejadian seperti diatas maka PLN harus membuat terobosan baru sehingga kerja dan biaya yang dikeluarkan oleh pihak PLN tidak besar hanya untuk membiayai hal-hal seperti diatas, maka ditemukanlah solusi dari permasalahan diatas, yaitu dengan sistem listrik prabayar, artinya bahwa pelanggan sebelum memakai listrik mereka harus membayar / membeli dulu listrik/ kwh yang akan mereka pakai, sebagaimana pulsa hp prabayar, jika pulsa hp maka tidak bisa untuk sms dan menelepon, begitu juga listrik pintar ini, jika kwh habis maka akan terjadi pemadaman otomatis, jika ingin menghidupkan lagi maka pelanggan harus membeli kwh dulu agar bisa menggunakan listrik kembali

listrik token

Sekarang dengan sistem listrik pintar atau sering juga di sebut TOKEN pihak PLN tidak perlu repot-repot lagi mencatat tagihan bulanan listrik. Dengan sistem token listrik , pelanggan di haruskan membayar di depan agar bisa memakai listrik sesuai keperluannya dan pelanggan bisa mengatur sendiri sesuai kebutuhan. Dengan listrik pintar pihak PLN sangat dimudahkan dalam administrasi dan lebih menghemat pos pengeluaran. Bagi pelanggan listrik pintar ini juga ada manfaat yang banyak yang bisa mereka dapat sehingga banyak juga pelanggan pasca bayar yang beralih ke prabayar. Kali ini kami akan memberikan panduan cara pasang baru listrik pintar.

Narasumber: Wahyu Ahadi Rouzi

PLN Area ok