Podcast » Cakrawala

Cakrawala Serambi FM, 20 Februari 2018

20 February 2018 - 12:42 WIB

“PEMBEBASAN LAHAN MASIH JADI KENDALA SERIUS PSN DI ACEH”

Gubernur Irwandi Yusuf, mengaku sedang mencari solusi terhadap pembebasan lahan beberapa lokasi lahan proyek-proyek Strategis Nasional (PSN) di Aceh. Di antara proyek yang masih terkendala pembebasan lahan adalah waduk keureuto di desa Blang Pantee, kecamatan Paya Bakong, Aceh Utara yang menelan dana Rp 1,6 Triliun.
Awal Januari lalu, dalam satu pertemuan di Pulau Rote, NTT, Presiden Jokowi menanyakan satu persatu kemajuan Proyek Strategis Nasional di Aceh. Dari peserta Aceh yang diundang dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi mendapat jawaban bahwa psn di Aceh tak berjalan sesuai harapan. Bahkan, ada yang jalan di tempat alias macet. Yang memprihatinkan, dari seluruh indonesia, PSN di Aceh dinilai yang paling tidak maju pelaksanaannya.
Keempat PSN di Aceh yang dianggap jalan di tempat itu masing masing pembangunan empat ruas jalan Tol Aceh (dari Banda Aceh ke batas Sumut), pembangunan pabrik semen di Laweung (kabupaten pidie), kek arun (lhokseumawe) dan proyek waduk dan Bendungan Keureuto (Kabupaten Aceh Utara).

WhatsApp Image 2018-02-20 at 12.39.35 ok