News Update » Kutaraja » News Update

Pelayanan SIM Online Mulai Aktif

2 December 2015 - 16:22 WIB

SERAMBIFM.COM, BANDA ACEH – Memudahkan pelayanan SIM bagi masyarakat di seluruh Indonesia, Korlantas Polri akan melaunching secara serentak pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) online pada Minggu 6 Desember. Di Banda Aceh, peluncuran atau launching itu akan dilakukan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Aceh di lapangan Blangpadang, mulai pukul 07.30 WIB.

Wakil Direktur Ditlantas (Wadir Lantas) Polda Aceh, AKBP Goenawan, kepada Serambi Selasa (1/12) mengatakan, sebenarnya pelayanan SIM online selama ini sudah mulai aktif. Untuk Aceh, katanya saat ini baru ada di Polresta Banda Aceh. “Jadi selama ini sudah mulai aktif sebenarnya pelayanan SIM online ini di Banda Aceh, tapi launchingnya nanti hari Minggu, karena itu launching serentak di seluruh Indonesia,” kata AKBP Goenawan.

Wadir Lantas mengatakan, jika sebelumnya warga harus pulang ke daerah masing-masing (KTP domisili) untuk pengurusan perpanjangan SIM, dengan adanya pelayanan SIM online ini warga tak perlu lagi begitu. Warga cukup datang ke Polresta Banda Aceh untuk pengurusan perpanjangan SIM. “Hanya perpanjang bukan untuk buat baru, kalau buat baru tetap harus pulang ke daerah asal (sesuai KTP),”ujar AKBP Goenawan.

Untuk lebih jelasnya tentang SIM Online, AKBP Goenawan mengimbau masyarakat untuk hadir dalam kegiatan launching SIM online di Lapangan Blangpadang, Minggu (6/12) pagi. Dalam acara itu katanya, nanti akan ada penjelasan terkait mekanisme pengurusan SIM online tersebut. Katanya untuk syarat pengurusan perpanjangan SIM, warga harus membawa KTP, surat kesehatan, dan surat psikologi.(dan)