News Update » Aceh Selatan » News Update

Guru Kecewa Tunjangan Nonsertifikasi belum Cair

18 November 2015 - 15:37 WIB

SERAMBIFM.COM, TAPAKTUAN – Kalangan guru di Kabupaten Aceh Selatan kecewa karena hingga kemarin dana tunjangan fungsional guru nonsertifikasi untuk triwulan terakhir tahun 2014, triwulan pertama dan triwulan kedua 2015 belum kunjung cair.

“Janjinya minggu lalu sudah cair, kok sampai sekarang dana tunjangan nonsertifikasi kami belum juga cair? Kami mohon Kadis Pendidikan jangan banyak berkilah, karena itu hak kami. Jadi tidak ada alasan untuk ditahan-tahan,” gugat seorang guru yang meminta identitasnya tak disebutkan kepada Serambi, Selasa (17/11).

Terkait dengan keluhan para guru nonsertifikasi tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Aceh Selatan Yusafran yang dikonfirmasi Serambi mengatakan tidak ada kendala lagi dalam pencairan dana untuk guru di Aceh Selatan. Namun terkait molornya pencairan sebagaimana yang pernah diucapkannya karena ada sedikit kesalahan dalam Surat Perintah Membayar (SPM) yang diusulkan ke DPKKD. “Sekarang tidak ada masalah lagi, kesalahan sudah diperbaiki. Tinggal kita tunggu pencairannya saja dari DPKKD,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah (DPKKD) Kabupaten Aceh Selatan Diva Samudra Putra yang dikonfirmasi Serambi membenarkan pihaknya belum dapat melakukan pencairan tunjangan guru nonsertifikasi dikarenakan ada kesalahan administrasi dalam pengajuan SPM. “Ada kesalahan administrasi pengusulan, makanya kita kembalikan ke Dinas Pendidikan untuk diperbaiki kembali. Kalau itu sudah diperbaiki akan segera kita cairkan,” jelas Diva.

Dia sebutkan kewenangan DPKKD menyangkut persoalan dana non sertifikasi guru tersebut hanya sebatas pencairan, sedangkan menyangkut administrasinya ada di Dinas Pendidikan Aceh Selatan. “ Kalau sudah memenuhi proses penganggaran dan pencairan yang benar pasti dananya akan segera dicairkan,” ujarnya. (tz)