News Update » Langsa » News Update

Rohingya Korban Perkosaan Melahirkan di Langsa

28 October 2015 - 16:44 WIB

SERAMBIFM.COM, LANGSA – Seorang pengungsi wanita Rohingya, Sumidah, yang masih berumur 17 tahun, Senin (26/10) sore melahirkan seorang bayi lelaki di Puskesmas Langsa Barat. Menurut rekannya sesama pengungsi, Sumidah merupakan korban perkosaan oleh kapten kapal yang membawa mereka kabur dari negaranya Myanmar.

Ketua Tim Kesehatan pengungsi Rohingya di Langsa, yang juga Kapuskesmas Langsa Barat, Ayu Artalinta SKM, kemamrin mengatakan, proses kelahiran bayi dari pengungsi Rohingya itu berjalan lancar, dan kondisi bayinya juga cukup sehat.

Ia mengatakan, sebelumnya, pihaknya tidak mengetahui jika remaja Rohingya ini dalam keadaan hamil saat tiba di Aceh. Karena ia menyembunyikan kehamilannya itu dari tim kesehatan yang memeriksa mereka. “Kehamilannya baru diketahui setelah usia kandungan sudah mencapai delapan bulan,” katanya.

Saat ini, Sumidah dan bayinya masih dirawat di Puskesmas Langsa Barat untuk pemulihan pascabersalin. Jika kesehatannya sudah pulih, Sumidah dan bayinya akan dikembalikan ke kamp pengungsian,” ujarnya.(zb)