News Update » Kutaraja » News Update

3 JCH Aceh Derita Gagal Ginjal

16 September 2015 - 17:13 WIB

SERAMBIFM.COM, BANDA ACEH – Tiga jamaah calon haji (JCH) asal Aceh yang saat ini sudah tiba Arab Saudi tercatat menderita gagal ginjal, sehingga selama di tanah suci mereka harus melakukan cuci darah disela-sela ibadah.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banda Aceh, Rahmad Suryadi kepada Serambi, Selasa (15/9) mengatakan pihak sudah berkoordinasi dengan petugas di Arab Saudi, untuk menjadwal mereka melakukan cuci darah selama beribadah haji.

Menurut Rahmad, mereka akan melakukan cuci darah di rumah sakit terdekat yang ditunjuk oleh petugas Indonesia. “Walaupun gagal ginjal, mereka dapat beribadah dengan baik karena saat jadwal cuci darah akan dibantu oleh petugas,” ujarnya.

Sementara itu, Humas PPIH Embarkasi Banda Aceh, H Akhyar menginformasikan untuk keberangkatan kemarin, satu JCH dari kloter tujuh, Halimah (46) asal Bireuen gagal berangkat, karena sakit sebelum masuk ke asrama haji. Sehingga dari kloter tujuh (Bireuen, Aceh Utara, dan Pidie) hanya berangkat 392 jamaah. Mereka bertolak ke Arab Saudi pada, Rabu (16/9) pukul 05.00 WIB.

Sedangkan enam kloter JCH asal Aceh dipastikan sudah tiba di tanah suci dengan jumlah JCH 2.357 orang. Sebanyak 1.570 jamaah di antaranya atau 67 persen, dikategorikan berisiko tinggi (risti). Hal ini diketahui berdasarkan pemeriksaan kesehatan oleh KKP Banda Aceh. Sebagian besar mengalami gangguan sistem sirkulasi darah, yang dikhawatirkan akan mengganggu jantung. Selain itu banyak juga mengidap gangguan saluran pernafasan, diabetes, dan masalah di bagian tulang. (mr)