News Update » Lhokseumawe » News Update

Dua Lagi Warga Lhokseumawe Terjangkit HIV

8 July 2015 - 15:27 WIB

SERAMBIFM.COM, LHOKSEUMAWE – Dinas Kesehatan (Dinkes) Lhokseumawe awal Juli 2015 kembali menemukan dua warga setempat yang positif menderita human immunodeficiency virus (HIV). Bahkan, seorang di antara dua warga itu sudah masuk ke tahap acquired immune deficiency syndrome (AIDS).

Kabid Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Lhokseumawe, dr Helizar, Selasa (7/7) menyatakan, dengan ditemukan dua kasus terbaru itu berarti di Lhokseumawe saat ini sudah ada 27 kasus HIV. “Dari 27 kasus tersebut, delapan penderita di antaranya sudah meninggal dunia karena sudah lama terjangkit AIDS,” ujar Herlizar.

Menurutnya, dua kasus terbaru itu ditemukan di lokasi terpisah. Satu kasus ditemukan saat pemeriksaan di sebuah rumah sakit dan satu lagi saat dilakukan voluntary counseling test (VCT) keliling oleh petugas Dinkes Lhokseumawe. Menurut data yang ada, lanjutnya, setiap tahun selalu ada kasus HIV yang ditemukan di Lhokseumawe.

Karena itu, ia mengimbau siapa saja yang selama ini merasa pernah melakukan perbuatan yang rentan terkena penyakit mematikan itu seperti suntik narkoba dan melakukan hubungan intim bukan dengan istri atau suami, agar segera memeriksaan ke VCT di Puskesmas Muara Dua. “Pemeriksaannya gratis dan bila hasilnya positif terjangkit, identitas pasien akan dirahasiakan,” janjinya.

Ditambahkan, pemeriksaan sedini mungkin sangat bagus dilakukan. Sebab, bila ketahuan masih pada tahap HIV, ada obat yang bisa menahan penyebaran virus itu. “Namun, bila sudah masuk ke tahap AIDS, peluang untuk bisa bertahan hidup semakin kecil,” demikian Herlizar.(bah)