News Update » News Update » Sabang

Puluhan Penumpang dan Kenderaan Telantar di Balohan

21 June 2015 - 15:45 WIB

SERAMBIFM.COM, SABANG – Puluhan calon penumpang dan kenderaan, Sabtu (20/6), gagal diberangkatkan dari Pelabuhan Balohan, Sabang. Kondisi ini disebabkan kapal cepat maupun feri, siang kemarin, tidak berlayar. Kapal tersebut hanya berlayar satu trep pada pagi hari.

Sejumlah penumpang yang ditemui Serambi di Pelabuhan Balohan, mengaku sangat kecewa karena tidak bisa menyeberang ke Ulee Lheue, Banda Aceh. Mereka yang sudah menunggu di pelabuhan sejak pukul 11.00 WIB, terpaksa kembali ke Sabang.

Untuk diketahui, kapal lambat KMP BRR dan kapal cepat KM Express Cantika 89, siang kemarin tidak berlayar. Padahal sesuai jadwal, KM express Cantika 89 mengangkut penumpang trep kedua menuju Ulee Lheue pukul 14.30 WIB. Sementara KMP BRR juga hanya berlayar satu trep pada pukul 08.00 WIB dari Sabang. Sedangkan satu kapal lambat lainnya, KMP Tanjung Burang, juga tidak berangkat dan terlihat parkir di Balohan.

“Kami tidak tahu kenapa kapal itu tidak berlayar pada trep kedua. Pihak kantor pelabuhan hanya mengumumkan bahwa kapal hanya berlayar satu trep,” kata sejumlah calon penumpang asal Abdya yang mengaku sudah memesan tiket mobil untuk kembali ke kampung halaman.

Kepala UPTD Pelabuhan Balohan, Adhari SE, yang dihubungi Serambi mengakui banyak calon penumpang yang kecewa karena tidak bisa berangkat, siang kemarin. Ia juga tak tahu pasti kenapa kapal tidak berlayar pada trep kedua.

Namun menurut informasi yang diterimanya dari Suvervisi PT ASDP Perwakilan Sabang, Husaini, menyebutkan bahwa kapal tak berangkat karena jumlah penumpang sedikit. Informasi itu diterima sekitar pukul 11.00 WIB dan langsung diumumkan kepada calon penumpang melalui pengeras suara.

Manajer Operasional PT ASDP Perwakilan Banda Aceh, Muslihandika, yang dihubungi via telepon sore kemarin mengatakan, tidak berangkatnya KMP BRR pada trep kedua, bukan karena jumlah penumpang dan kenderaan sedikit. Tapi karena ada perbaikan mesin untuk memaksimalkan pelayanan pada liburan Idul Fitri nanti. “Kami minta maaf karena hari ini ada perawatan mesin. Besok (hari ini-red) KMP BRR akan berlayar sesuai jadwal,” katanya.

Sementara Kepala Perwakilan PT SIM Sabang, Jon Heriadi yang ditemui di Pelabuhan Balohan, siang kemarin menjelaskan, tidak berangkatnya KM Express Cantika pada trep kedua, juga karena ada perbaikan bodi. “Bukan akibat penumpang sepi. Tapi karena ada perabaikan pada bodi kapal tersebut,” katanya.(az)