News Update » News Update » Pidie Jaya

Menteri Yohana Buka PKPJ di Pantai Kuthang

3 June 2015 - 15:34 WIB

SERAMBIFM.COM, MEUREUDU – Menteri Pemberdayaan Perembupuan dan Perlinduungan Anak (PP dan PA), Prof Dr Yohana Yambise, Senin (1/6) membuka Pekan Kebudayaan Pidie Jaya (PKPJ) ke-4 di Pantai Kuthang, Kecamatan Trienggadeng. Pada acara pembukaan kegiatan yang dirangkai dengan HUT ke-VIII Pidie Jaya itu juga hadir Staf ahli Kementerian Koordinator Perekonomian, Dr Raldi Koestur, Wakil Gubernur Aceh, Muzakkir Manaf, Asisten III Setdaprov Aceh, Muzakkar SH serta para undangan lainnya.

Pembukaan kegiatan itu ditandai dengan pemukulan beduk (peh tamboh) Menteri PP dan PA, Prof Dr Yohana Sambise yang didampingi Wakil Gubernu Aceh, Muzakkir Manaf serta unsur Muspida Pidie dan Pijay.

“PKPJ ini memberikan ciri tersendiri dan patut dimasukkan menjadi agenda pariwisata nasional,”sebut Yohana Yambise dalam pengarahannya. Yohana menegaskan, dari 23 kabupaten yang ada di Aceh, hanya empat kabupaten yang memiliki inisiasi yang layak anak. Sedangkan di Indonesia, juga ahanya ada dua provinsi layak anak, yaitu Papuan dan Aceh.

Yohana juga meninta kepada Bupati Pijay, agar perempuan di Gampong Janda yang ada di Kecamatan Badar Dua, Pijay, agar segera diusul agar dapat direalisasikan bantuan. “Saya tunggu proposal dari Pak Bupati untuk pemberdayaan kaum perempuan ada di Gampong Janda,’jelasnya.

Wakil Gubernur Aceh, Muzakkir Manaf dalam sambuatannya menggatakan, salut terhadap perkembangan Pijay. Meskpiun sebagai kebupaten termuda di Aceh, tapi mampu tampil secara mandiri menunjukkan prestasi nasional.

“Seperti 2012 sebagai daerah Otonomo terbaik se Indonesia, pengembangan kota hijau dtinggkat nasional, dan provinsi adalah kabupaten lumbung pangan,”sebut Mualem. Dikatakan, memasuki usia ke 8 tahun, Pijay tidak mengikuti sebagai kabupaten pemekaran saja, akan tetapi Pijay mampu tampil secara mandiri dalam meraih sukses dalam bidang pertanian, perkebunan, pertambakan serta perolehan hasil tangkapan nelayan yang signifikan.(c43/ag)