News Update » Kutaraja » News Update

Pasar Baru Lambaro Dioperasikan Juni

14 March 2015 - 15:25 WIB

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Gedung modern yang berada di kawasan Lambaro, Aceh Besar, direncanakan beroperasi pada Juni mendatang. Gedung baru itu nantinya akan menjadi pusat perbelanjaan pakaian anak dan dewasa, handphone atau selular bahkan hingga peralatan rumah tangga lainnya.

“Pasar ini akan beroperasi mulai Juni nanti, meski belum selesai pembangunan secara sempurna. Bulan Juni nanti, baru lantai I dan semi basemant yang kita fungsikan,” kata Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah kepada Serambi, Jumat kemarin.

Disebutkan, lantai I gedung itu dibangun agak tinggi untuk mengantisipasi terjadi banjir pada tahun-tahun mendatang. Selain itu disebutkan, pada lantai I terdapat 43 toko yang akan disewakan, dan untuk semi basementnya bisa menampung 40 unit kendaraan.

“Sementara lantai teratas (lantai III) rencananya akan kita jadikan sebagai pusat kuliner,” imbuhnya. Bupati Aceh Besar yang didampingi oleh Kadisperindagkop dan UKM Aceh Besar, T Zulfan juga mengatakan, pedagang yang akan mengisi toko di pasar itu diutamakan para pedagang yang selama ini berjualan di Jalan Rel Kereta Api, Lambaro, Aceh Besar.

“Kita utamakan pedagang yang selama ini berjualan di toko sementara di Jalan Rel Kereta Api itu. Para pedagang ini yang akan kita relokasi ke gedung baru,” ujarnya. Sementara untuk sewa toko, pihaknya akan menetapkan sesuai peraturan berlaku yang dikeluarkan oleh Bupati Aceh Besar.

“Kita sekarang sudah memiliki pasar induk merupakan pasar grosir dan harian, di situ ada dijual ikan, daging, sayur sampai rempah-rempah. Maka nantinya pasar baru ini beroperasi untuk melengkapi perbelanjaan masyarakat. Yang pada akhirnya Lambaro memiliki pasar terpadu untuk kebutuhan sehari-hari,” tandasnya.(avi)