News Update » News Update » Sabang

Keuchik Anoi Itam Minta Pemko Perbaiki Talut

21 January 2015 - 16:34 WIB

SERAMBIFM.COM SABANG – Keuchik Gampong Anoi Itam, Kecamatan Suka Jaya, Kota Sabang, Marzuki Puteh meminta Pemko setempat memperbaiki tiga talut pengaman saluran di Gampong Anoi Itam, Kecamatan Suka Jaya, Kota Sabang yang patah akibat banjir bandang 28 Desember 2014. Warga memperkirakan jika tidak segera ditangani, saluran-saluran tersebut akan tertimbun tanah.

“Sudah hampir sebulan tanggul itu patah diterjang banjir, namun hingga kini belum ada tanda-tanda akan diperbaiki,” kata Marzuki Puteh kepada Serambi, Selasa (20/1)..

Menurutnya, saluran-saluran yang selama ini berfungsi untuk menampung air bah yang datang dari pegunungan itu semakin dangkal dan sempit akibat ditimbun tanah. Dan bila hal ini terus dibiarkan, dikhawatirkan kerusakan tanggul akan terus meluas.

Tiga talut saluran yang patah diterjang banjir bandang akhir Desember 2014 lalu itu, yaitu talut saluran Jurong Tgk Nek Rahman, dan dua lagi talut di Jurong Mata Ie. “Kami khawatir akan terjadi banjir, karena salur-saluran itu tidak mampu lagi menampung air bah karena sudah menyempit dan dangkal,” katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Sabang, Mahmud ST, mengakui sudah menerima laporan tentang kerusakan tanggul pengaman saluran di Gampong Anoi Itam. Bahkan pihaknya juga sudah mengusulkan perbaikan kerusakan tiga tanggul saluran yang patah akibat diterjang banjir bandang yang terjadi akhir Desember 2014 lalu itu ke Kementerian Dalam Negeri (Mendagri). “Perbaikan kerusakan tanggul saluran di Gampong Anoi Itam itu sudah diusulkan ke Kemendagri melalui dana daerah perbatasan,” jawabnya ketika dikonfirmasi Serambi kemarin. (az)