News Update » Gayo Lues » News Update

Wagub Bantu Korban Banjir di Galus

19 November 2014 - 15:46 WIB

SERAMBIFM, BLANGKEJEREN – Wakil Gubernur Aceh (Wagub) Muzakir Manaf didampingi Bupati Gayo Lues (Galus) Ibnu Hasim kembali menyalurkan bantuan kepada para korban banjir, Selasa (18/11) siang. Para penari Saman yang berjumlah sekitar 400 orang yang merupakan PNS Pemkab Galus menunjukkan kebolehan kepada rombongan Wagub di Balai Musara Blangkejeren pada Selasa malam.

Wagub menyerahkan bantuan secara simbolis kepada para korban banjir yang dipusatkan di Rumah Bundar, perbatasan Agara-Galus. Bantuan diberikan kepada waraga Pintu Gayo, Rumah Bundar dan Marpunge yang masuk dalam Kecamatan Putri Betung. Kedatangan wagub dari Agara disambut Bupati Ibnu Hasim bersama Muspida plus serta para kepala SKPK.

Seratusan korban banjir bandang dari warga Mapunge dan Pintu Gayo serta tokoh masyarakat ikut menyambut kedatangan wagub. Dalam pidato singkatnya, Muzakir Manaf hanya menyatakan: “Saya berharap, bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik, sekaligus meringankan beban para korban banjir.”

Sedangkan Kadis Sosial dan Transmigrasi Aceh, Drs Wahab Makmur yang ikut rombongan wagub menyatakan korban banjir bandang di dua desa Kecamatan Putri Betung sebanyak 34 kepala keluarga (kk). Disebutkan, bantuan diserahkan secara simbolis diserahkan oleh Wagub Aceh didampingi Bupati Galus serta Ketua DPRK Galus.

Dia mengatakan, bantuan tersebut akan disalurkan seluruhnya kepada korban banjir dari gudang penyimpanan milik Dinsos dan Transmigrasi Aceh di Blangkejeren. Dikatakan, pihaknya juga didampingi anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Galus saat menyalurkan bantuan di Rumah Bundar.

Sementara itu, ratusan peserta penari Saman massal dari satuan kerja perangkat kabupaten (SKPK) menunjukkan kebolehan di depan rombongan Wagub Muzakir Manaf pada Selasa malam. Para penari itu yang merupakan anggota penari massal yang berjumlah 5005 orang pada 24 November 2014 beraksi di Balai Musara seusai shalat Isya.

Para penari Saman ini memakai kostum seusai dengan corak masing-masing SKPK yakni kaos. “Kegiatan penyambutan rombongan Wagub Aceh pada malam hari dengan tarian Saman hanya untuk gladis bersih, sekaligus memberitahu Wagub Aceh tentang tarian Saman kolosal yang dibawakan 5.005 orang di lapangan Stadion Seribut,” sebut Bupati Ibnu Hasim.

Ibnu Hasim menjelaskan rombongan Wagub Aceh juga dibawa ke kolam ikan di Bener, Kutapanjang. “Ini sebagai contoh kepada masyarakat kita, tentang membudidayakan ikan mas dan mujahir yang sangat cocok dikembangkan masyarakat,” sebut Bupati Ibnu Hasim.(c40)