News Update » Aceh Tengah » News Update

Banjir Bandang Terjang 20 Rumah di Aceh Tengah

12 November 2014 - 16:25 WIB

SERAMBIFM.COM, TAKENGON – Sebanyak 20 rumah warga di Dusun Kala Empu, Kampung Lumut, Kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah, Senin (10/11) sekira pukul 23.00 WIB terendam air bah yang bersumber dari banjir bandang. Dari puluhan rumah yang terendam di daerah penghasil batu giok itu, hanya satu yang rusak parah diterjang banjir yang datang tiba-tiba dari sungai di dusun itu, yakni milik Sarmin.

Sedangkan belasan rumah lainnya, selain diterjang banjir, harta benda pemiliknya banyak yang hanyut, namun sebagian besar masih sempat diselamatkan warga. Namun, tak ada korban jiwa dalam musibah itu.

“Memang kemarin hujan lebat turun sejak sore sampai malam. Tiba-tiba sungai yang ada di belakang dusun ini meluap dan airnya masuk ke dalam rumah warga,” kata Reje (Keucik) Kampung Lumut, Rasyidin kepada Serambi, Selasa (11/11) siang.

Menurut Rasyidin, luapan air sungai yang merendam puluhan rumah milik warga Dusun Kala Empu itu mengakibatkan masyarakat setempat mengungsi ke daerah yang lebih aman di lapangan yang tak jauh dari lokasi kejadian. “Kawasan ini memang sering terendam saat musim hujan. Tahun lalu sungai yang ada di belakang Dusun Kala Empu juga meluap dan airnya masuk ke dalam rumah warga,” ujarnya.

Korban yang rumahnya terendam banjir di antaranya Sarmin Aman Yuni, Aman Dar, Ramudin Amara, Aman Fera, Mashuri Aman Serli, Aman Serimah, Samijan, Kulah, Ir, Aman Den, Aman Mayang, Aman Dea, Suri, Aman Iwan, Kudrat, Irem, Aman Dayat, Aman Andiko, Aman Kris, dan Rasia.

“Rumah yang rusak parah tercatat sebagai milik Sarmin. Selain rumah, beberapa harta bendanya ikut terendam air,” ungkap Rasyidin.

Kabar tentang banjir yang menerjang Dusun Kala Empu itu dengan cepat menyebar ke kalangan warga kota Takengon. Pasalnya, informasi awal yang diterima daerah tersebut telah diterjang banjir bandang lantaran guyuran hujan deras yang terjadi sejak Senin (11/10) sore. Sedangkan jarak dari Takengon menuju Kampung Lumut memakan waktu hingga enam jam lebih, dengan jarak tempuh hampir 70 kilometer. Ruas jalan menuju daerah itu pun sedang dalam proses perbaikan.

Pascabanjir yang terjadi di Dusun Kala Empu, Kampung Lumut, Wakil Bupati Aceh Tengah, Drs Khairul Asmara, Kapolres Aceh Tengah, AKBP Dodi Rahmawan, serta Dandim 0106/Aceh Tengah, Letkol Inf Lalu Habiburrahim, langsung menyerahkan bantuan kepada para korban. Bantuan yang diserahkan di antaranya sembako, peralatan dapur, tikar, dan pakaian.(my)