News Update » Aceh Jaya » News Update

Lagi, Ikan Mati Massal di Krueng Teunom

2 September 2014 - 22:37 WIB

SERAMBIFM.COM, CALANG – Kematian ikan sungai kembali terjadi di kawasan Aceh Jaya. Bila sebelumnya yang mati massal adalah jenis ikan jurung (keurelieng), kali ini justru ikan senggiring (suwiek) dan mentulu (groe). Belum diketahui penyebab kematian itu, meski camat setempat menduga karena keracunan zat tertentu.

Kabar tentang kematian ikan dalam jumlah puluhan ekor itu dilaporkan Camat Pasie Raya, Abdul Azis, kepada Serambi, Senin (1/9) kemarin. Ia sendiri menerima laporan tersebut dari sejumlah warga Desa Alue Jang, Kecamatan Pasie Raya, Aceh Jaya yang kemarin menyaksikan puluhan ikan tiba-tiba mengambang ke permukaan sungai dan akhirnya mati.

Secara geografis, Desa Alue Jang berada di daerah aliran Krueng Teunom, tempat ditemukannya ratusan ekor ikan keureulieng meregang nyawa tiga pekan lalu. Desa Alue Jang berjarak satu jam perjalanan darat dari Calang (ibu kota Aceh Jaya) ke arah Pidie. Desa ini berbatasan dengan Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie.

“Kematian ikan yang kembali terjadi di Krueng Teunom ini bisa saja disebabkan faktor yang sama dengan penyebab matinya ratusan ikan keureulieng menjelang Lebaran Idul Fitri lalu,” kata Camat Pasie Jaya.

Ia berharap, para peneliti atau pejabat berwenang segera datang ke Desa Alue Jang, Kecamatan Pasie Raya, untuk mengambil sampel ikan yang mati, air maupun lumut di lokasi tersebut.(sakdul bahri)