News Update » Bireuen » News Update

Besok, Bireuen Terima CPNS

9 September 2014 - 21:45 WIB

SERAMBIFM.COM, BIREUEN – Pendaftaran CPNS kategori umum untuk Kabupaten Bireuen akan dimulai Rabu (10/9) besok. Pendaftaran secara online melalui portal nasional www.panselnas.menpan.go.id dan www.sscn.bkn.go.id itu akan dibuka sampai 24 September mendatang.

Kepastian jadwal tersebut disampaikan Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bireuen, Drs M Isa MM kepada Serambi, Senin (8/9) setelah dirinya mendapat informasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) pusat, Minggu (7/9). Menurutnya, formasi CPNS Bireuen sesuai dengan SK Menpan dan RB Nomor 584/2014 tanggal 11 Agustus 2014 yang diteken Menpan, Azwar Abubakar.

Menurutnya, sejak beberapa waktu lalu banyak peminat yang setiap hari membuka situs itu atau menanyakan ke BKPP Bireuen kapan pendaftaran CPNS di kabupaten itu dibuka. Sebab, situs penerimaan CPNS di kabupaten/kota lain sudah bisa diakses, sedangkan Bireuen belum. “Calon pelamar bisa mendapatkan informasi tentang syarat dan hal-hal lain terkait penerimaan CPNS di Bireuen melalui situs itu,” jelas M Isa.

Dikatakan, pelaksanaan tes CPNS tahun ini merupakan wewenang penuh pemerintah pusat. Sedangkan daerah, lanjut M Isa, hanya sebagai pelaksana untuk pengambilan nomor ujian, penentuan lokasi ujian, dan membantu pelaksanaan ujian. Adapun jadwal lengkap penerimaan CPNS di Bireuen, sebutnya, yaitu 10-24 September 2014 pendaftaran secara online, 12-26 September 2014 pendaftaran ulang untuk verifikasi berkas, 29 September-10 Oktober 2014 pengambilan nomor ujian, 13-15 Oktober 2014 pengumuman lokasi ujian, dan 16 Oktober 2014 pelaksanaan ujian.

Adapun jumlah formasi yang diterima Pemkab Bireuen tahun ini, kata M Isa lagi, tidak berubah dari sebelumnya yaitu 122 orang untuk berbagai kualifikasi pendidikan mulai Diploma III sampai S2 dengan sejumlah jabatan. Ditambahkan, data lengkap tentang kualifikasi pendidikan, jumlah formasi, dan rencana penempatan dapat dilihat di papan pengumuman kantor bupati Bireuen.(Yusmandin Idris)