News Update » Aceh Barat » News Update

Protes Debu Batu Bara, Mahasiswa Aceh Barat Gelar Aksi

4 September 2014 - 20:57 WIB

SERAMBIFM.COM, MEULABOH – Puluhan mahasiswa di Aceh Barat, Kamis (4/9) siang sekitar pukul 14.00 WIB siang jelang sore menggelar aksi unjukrasa di Tugu Pelor Meulaboh dan di depan Gedung DPRK setempat, guna memrotes banyaknya debu batu bara yang tumpah ke badan jalan saat diangkut menggunakan truk dari lokasi tambang di Kecamatan Meureubo menuju ke lokasi penampungan dan pengangkutan di Kompleks Pelabuhan Jetty Meulaboh.

Pasalnya, debu batu bara dan bongkahan bahan tambang yang selama ini kerap tumpah ke badan jalan dinilai sangat membahayakan kesehatan masyarakat di wilayah ini. Mengingat debu yang berasal dari bahan bakar PLTU dan fosil tersebut dikhawatirkan merusak pernafasan masyarakat di kabupaten setempat.

Aksi yang dilancarkan kalangan mahasiswa ini turut menimbulkan perhatian dari pengguna jalan dan masyarakat di sekitar lokasi. Pasalnya, aksi protes yang dilakukan tersebut juga menampilkan atraksi teatrikal yang ditampilkan kalangan mahasiswa yang menyindir Pemkab setempat yang dinilai tidak peka dengan persoalan yang terjadi di masyarakat, khususnya tentang debu batu bara yang selama ini dikeluhkan.(dedi iskandar)