Podcast » Talkshow

LIBAS (Lepas Inspirasi Bisnis Ala Suparno) “Komitmen”

29 April 2014 - 18:35 WIB

ISENG ISENG terjun ke dunia bisnis? Atau terjun ke dunia bisnis sekadar coba coba? Bila ingin hasil yang “iseng” dan “coba coba” juga, ya silakan saja. Tapi bila ingin terjun ke dunia bisnis untuk sukses, tidak ada istilah coba coba.

Fase pembelajaran dalam bisnis berbeda dengan coba coba. Dalam fase pembelajaran, gagal ditindaklanjuti dengan proses evaluasi dan bangkit lagi dengan adanya perbaikan. Namun bila hanya sekadar coba coba, kegagalan hanya akan berbuah kekecewaan, dan kapok untuk berbisnis lagi.

Berbisnis perlu komitmen. Seseorang dinyatakan telah berkomitmen dengan baik untuk menjadi pengusaha, bila menepati komitmen tersebut untuk terus menjadi pengusaha, meskipun mengalami beberapa kali kegagalan.

Berkomitmen berarti kita mengikatkan diri untuk berbuat sesuai janji atau tekad yang sudah dicanangkan untuk mencapai suatu tujuan. Janji ini, bila diibaratkan pada sebuah peta, menunjukkan lokasi mana yang akan kita tuju. Komitmen memberikan arah dan mengawal agar langkah kita tetap pada jalur yang benar.

Bisa dibayangkan manakala suatu ketika kita bepergian, namun ternyata salah jalan. Maka sesabar apa pun kita, dan sampai kapan pun perjalanan dilakukan, kita tidak akan pernah sampai ke tujuan yang kita harapkan.

Di sisi lain, bila kita sudah punya lokasi tujuan pada peta, namun tidak pernah berangkat berangkat, maka sampai kapan pun kita tidak akan pernah sampai ke tujuan yang kita tuju. Dari ilustrasi tersebut, tergambar pentingnya suatu janji atau tekad dan juga pentingnya untuk menepati tekad tersebut.

Orang yang berkomitmen adalah orang yang mampu menepati janji dalam setiap perbuatannya. Orang semacam ini akan dipercaya oleh banyak pihak. Dan kepercayaan ini menjadi salah satu modal penting dalam bisnis bahkan melebihi modal uang sekalipun. Karena bila sudah dipercaya kita tidak akan sulit mendapatkan uang, namun uang tidak bisa membeli kepercayaan.

Ketika kita melakukan kesalahan, kita harus segera minta maaf dan berkomitmen untuk tidak mengulangi kesalahan. Pada konteks ini, meminta maaf saja sudah merupakan hal yang berat, apalagi berkomitmen untuk tidak melakukan kesalahan, jauh lebih berat lagi. Namun meskipun sangat berat, komitmen ini harus dilakukan, dan bila berhasil dilaksanakan dengan baik, akan menjadi pintu kesuksesan kita.

Berkomitmenlah dengan baik, kendalikan dengan kesabaran, lakukan secara konsisten, insha Allah kemenangan bisnis akan segera kita raih!

————————————————————

Syedara lon, program “LIBAS” Radio SerambiFM, bisa Anda dengarkan setiap Hari Senin pada pukul 11.00 Wib.

Program ini mengupas bagaimana Metode Bisnis dan juga mengemas suatu Hal agar menjadi pebisnis sukses dengan berbagai motivasi terbaik dari “LIBAS” Bersama Bapak Suparno. Anda juga kami undang berpartisipasi di line telpon :0651-637172 dan 0811689020