News Update » News Update » Nusantara

Menunggu Pulang, Jamaah Haji Sibuk Belanja

11 November 2011 - 23:04 WIB

MEKKAH – Jamaah haji asal Aceh yang masih berada di Mekkah saat ini sedang menunggu jadwal pemulangan ke Tanah Air. Mayoritas mereka memanfaatkan waktu berbelanja oleh-oleh (buah tangan) untuk dibawa pulang ke Aceh.

M Yusuf Abdullah bin Abdullah, jamaah haji asal Kabupaten Aceh Barat Daya yang tergabung dalam Kloter 7, kepada Serambi FM melalui saluran telepon, kemarin sore, melaporkan, Sepulang shalat, kaum ibu secara berkelompok, menyisir pusat pasar yang berdekatan dengan kawasan Masjidil Haram, untuk membeli souvenir yang disukai.

Barang yang menjadi sasaran buruan terutama aneka gelang, sajadah, kupiah haji, tasbih (boh meusabah) ceret/rantang kuning dan silver, peralatan tepung tawar (peralatan acara peusijuek) serta kaligrafi  Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Tidak sedikit pula yang membeli ambal, terutama produk Turki. Sedangkan kaum bapak ada yang membeli jam tangan dan barang elektronik ukuran kecil.

M Yusuf juga melaporkan beberapa jamaah mamanfatkan waktu sebelum pulang ke Aceh dengan mengunjungi beberapa lokasi bersejarah di Mekkah. Sedangkan kondisi kesehatan jamaah kloter 7 sehat, kecuali satu orang sedang dirawat di rumah sakit. Tapi sakitnya tidak parah.

Reporter : Zainun Yususf
Editor   : Faisal Zamzamy