News Update » News Update » Nusantara

Elemen Politik Minta Stop Pilkada

13 November 2011 - 23:27 WIB

BANDA ACEH – Elemen sipil dan elemen politik Aceh dalam satu pertemuan di Banda Aceh, Minggu (13/11) mengeluarkan pernyataan keras yang intinya meminta seluruh tahapan Pilkada Aceh dihentikan. Pernyataan yang ‘dibungkus’ dalam satu rekomendasi tersebut diserahkan kepada Forum Bersama DPR/DPD-RI asal Aceh yang diketuai Nasir Djamil. Forum itu pula yang memfasilitasi berlangsungnya dialog elemen sipil dan elemen politik Aceh di Hotel Hermes tersebut.

Permintaan menghentikan tahapan Pilkada Aceh tercantum dalam poin pertama rekomendasi. Dalam poin pertama itu juga disebutkan untuk memberi kepastian hukum pelaksanaan Pilkada Aceh, meminta DPRA dan Gubernur Aceh membahas dan menetapkan Qanun Pilkada Aceh sesuai UU Nomor 11 Tahun 2006 dengan memasukkan semua substansi yang belum diakomodir dalam Raqan Pilkada, baik yang bersumber dari peraturan perundang-undangan maupun peraturan KPU.

Nasir Djamil mengatakan, rekomendasi itu akan mereka serahkan kepada pimpinan DPR-RI, Menkopolhukam, Mendagri, KPU, dan Bawaslu. Sebelum jadwal pemilihan yang telah ditetapkan KIP Aceh  berlangsung, pihaknya akan memanggil pihak-pihak terkait untuk mencari jalan keluar.

Reporter : Mursal Ismail
Editor : Faisal Zamzamy