News Update

Trik Menyusun Itinerary Liburan Buat pemula

31 October 2017 - 11:48 WIB

trik

via. uvetmordic.com

Menyusun rencana perjalanan alias itinerary itu gampang-gampang susah. Apalagi buat kamu yang baru-baru ini saja melakukan perjalanan tanpa mengandalkan tour, tentu perlu perencanaan sejak sebelum keberangkatan ke destinasi liburan.

Nah, bagaimana cara membuat itinerary buat pemula? Coba deh contek beberapa trik berikut ini.

Bikin Gambaran Kasar

Tentu kamu sudah punya sedikit bayangan tentang bakal ngapain dan ke mana saja selama di lokasi liburan bukan? Jangan hanya diangan-angan saja, langsung tuliskan di sebuah buku dan jadikan itu sebagai dasar pembuatan itinerary liburanmu nanti.

Tentukan Lama Waktu Liburan

Lama perjalanan menentukan rencana liburanmu. Bisa ke mana saja dan waktunya seperti apa, semua bisa terlihat dari rencana awal berapa lama kamu akan melakukan perjalanan kali ini.

trik2

via. yankodesign.com

Itinerary perjalanan dua hari satu malam tentu berbeda dengan perjalanan satu pekan. Jadi, tentukan dengan pasti berapa lama liburanmu, karena akan berpengaruh besar pada langkah berikutnya.

Dari rencana panjang liburan ini kamu juga bisa menentukan kapan mulai berburu tiket promo. Pastikan kamu langsung memesan tiket promo perjalanan pulang dan pergi agar mendapatkan harga lebih murah dan pastinya menjadi patokan perjalananmu nanti.

Cari Referensi

Gambaran umum perjalanan sudah tercatat, sekarang waktunya mencari referensi tentang lokasi tujuan. Dari referensi ini, kamu bisa menambah atau mengurangi destinasi yang bakal dituju. Selain itu kamu juga harus mencari gambaran berapa jauh jarak antar destinasi wisata, agar tidak salah perhitungan selama perjalanan.

Buat Detail Perjalanan

Setelah mendapatkan referensi, sekarang waktunya membuat detail perjalanan. Kolom-kolomnya tidaklah paten, kalau bingung kamu bisa mencontek itinerary milik agen perjalanan dan mulai membuat gambaran di sana.

 

adv_trik menyusun itinerary

sumber:expertreviews.co.uk

Berbeda dengan gambaran awal yang masih kasar, detail itinerary ini berisi jam berangkat, berapa lama jarak antar satu lokasi dengan lokasi lain, apa saja kegiatannya dan berbagai detail lainnya.

Tentu saja, kamu tidak harus mengikuti semua detail ini dengan saklek. Namun detail ini bisa menjadi dasar untuk menentukan budgeting perjalanan dan juga pegangan jika kamu mulai melenceng jauh dari rencana semula.

Isi detail itinerary sebaiknya berisi H E A T, yaitu Hotel, Eat, Attraction dan Transportation. Di mana kamu menginap, makan di mana, tujuan wisatanya apa dan naik transportasi apa, semua ditulis dengan jelas di sini.

Sesuaikan Dengan Transportasi Lokal

Angkutan apa yang bakal kamu naiki selama di lokasi tujuan? Apakah menyewa kendaraan pribadi ataukah naik kendaraan umum. Jenis alat transportasi ini menentukan berapa lama perkiraan perjalananmu dari lokasi satu ke lokasi lainnya.

Jadi pastikan dulu apa tipe transportasimu di sana, setelah itu baru bisa menentukan itinerary dengan lebih detail lagi.

 

sumber:monagiza.comtrik3

Budgeting

Setelah semua detail perjalanan selesai, sekarang waktunya menentukan budget. Berapa harga tiket pesawat yang kamu naiki untuk perjalanan pergi dan pulang ke rumah. Tanggal berapa saja ada tiket promo, termasuk promo hotel.

Berapa budget yang kamu siapkan untuk makanan, minuman, oleh-oleh dan dana darurat. Jangan ragu untuk menambah budget dari harga perkiraan, termasuk melebihi budget untuk mengejar tiket promo.

Lebih baik uang sisa, daripada kehabisan dana ketika perjalanan masih belum setengah dari rencana semula.

Itinerary akan membantumu untuk menikmati perjalanan dengan lebih mudah. Tapi ingat, tak perlu sangat saklek menerapkan itinerary, karena spontanitas dalam liburan akan membuat perjalananmu semakin seru.