Podcast » Talkshow

Serambi Spiritual, edisi 12 Ramadhan 1438 H

7 June 2017 - 17:06 WIB

Serambi Spiritual, edisi Rabu 07 Juni 2017

Adalah hal yang membuat manusia berbeda dan derajatnya lebih tinggi dihadapan Allah SWT yaitu ketaqwaanya. Taqwa secara bahasa memiliki arti menjaga diri, berhati-hati atau waspada.

Bulan Ramadhan merupakan sebuah bulan yang istimewa, dimana dalam bulan tersebut Allah titahkan sebuah kewajiban kepada umat manusia (umat Nabi Muhammad) yang kewajiban tersebut tidak Allah perintahkan dibulan-bulan lainnya, yaitu kewajiban berpuasa satu bulan penuh. Tidak hanya kewajiban untuk berpuasa, dibulan Ramadhan juga ada amalan sunnah lainnya yang hanya dilakukan dibulan tersebut, yaitu shalat sunnah teraweh. Shalat sunnah teraweh memiliki fadhillah yang berbeda dari malam pertama sampai sampai dengan malam akhir bulan Ramadhan. Oleh karenanya, seseorang yang dapat menuntaskan shalat teraweh dibulan Ramadhan secara ‘full’ dapatlah dikatagorikan sebagai orang-orang beruntung dalam agama. Disamping itu, dibulan Ramadhan kita juga dianjurkan untuk memperbanyak sedekah, membaca Al-quran, i’tikaf di mesjid, dan amalan-amalan lainnya. Karena setiap amalan atau ibadah yang dilakukan dibulan Ramadhan maka pahalanya Allah lipatgandakan.

Nah, ada hal yang sangat istimewa dari bulan Ramadhan, yang tentunya semua kita (umat Nabi Muhammad) bercita-cita untuk mendapatkannya. Keistimewaan tersebut adalah janji Allah untuk memberikan ‘predikat’ taqwa atau predikat muttaqin. Namun perlu disadari, predikat taqwa ini hanya Allah berikan bagi orang-orang yang melakukan puasa dibulan Ramadhan. Ini sesuai dengan Firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 183, yang berbunyi, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertaqwa”.

Simak Spiritual Serambi FM, edisi Rabu 07 Juni 2017 / 12 Ramadhan 1438 H.

Tema: Ramadhan Bulan Seleksi Orang Bertaqwa”

Narasumber: Tgk Sirajuddin Saman, MA.