News Update » Kutaraja » News Update

Tiga Napi LP Banda Aceh Menghilang

11 November 2015 - 15:51 WIB

SERAMBIFM.COM, BANDA ACEH – Tiga narapidana (napi) Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIA Banda Aceh di Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, dikabarkan menghilang dari LP tersebut dan hingga kini belum ditemukan. Menghilangnya napi tersebut diketahui saat dilakukan pendataan penghuni LP, Sabtu (7/11).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala LP Banda Aceh, Djoko B Setianto kepada Serambi, Selasa (10/11) mengatakan ia yang mulai menjabat Sabtu, menggantikan Kepala LP yang lama, Ahmad Faedhoni, langsung melakukan pendataan penghuni LP pada hari pertama ia bertugas. Hasilnya, hanya ada 110 napi, padahal menurut data seharusnya berjumlah 113 orang.

Ia menduga, napi tersebut ada yang dibawa ke luar oleh petugas, sehingga tidak kembali. Namun, ia tak dapat memastikan kapan persisnya ketiga napi itu menghilang.

“Saat ketiganya menghilang saya belum menjadi kepala LP. Jadi, saya hanya tahu fakta hilangnya saja, namun saat ini kami sedang melakukan pencarian,” ujarnya.

Djoko mengaku tak ingat lagi nama ketiga napi tersebut dan apa kasusnya. Saat ini ia sedang memeriksa petugas LP untuk mengetahui siapa yang bertanggung jawab atas hilangnya napi tersebut.

Menurutnya, jika ada petugas yang terbukti mengeluarkan secara ilegal, maka akan diberi sanksi tegas. Selain itu, tiga napi yang menghilang itu, pihak LP akan segera memberikan data pribadinya ke polisi agar mereka dimasukkan ke dalam daftar pencarian orang (DPO).(mun)