News Update » Kutaraja » News Update

Tahun Depan, Kementan Cetak Sawah Baru di Aceh

11 November 2015 - 15:45 WIB

SERAMBIFM.COM, BANDA ACEH – Menteri Pertanian (Mentan) RI, Dr Andi Amran Sulaiman mengatakan tahun depan pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian (Kementan) akan mencetak sawah baru 10 ribu hektare di Kabupaten Aceh Barat guna meningkat produksi pertanian di Aceh.

Andi Amran menyampaikan hal ini ketika menjawab wartawan seusai menjadi pemateri dalam seminar nasional di Fakultas Ekonomi, Unsyiah, Banda Aceh, Selasa (10/11). Seminar bertema “Peluang dan Tantangan Petani Indonesia Dalam Menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)” juga menghadirkan Ketua DPP PKB, Muhaimin Iskandar sebagai keynote speaker.

Kepada wartawan, Andi Amran mengatakan rencana cetak sawah baru di Aceh Barat karena di kabupaten itu juga terdapat irigasi yang dibangun beberapa tahun lalu. Menurutnya, proyek cetak sawah baru saat ini sedang disiapkan untuk tender pada Desember 2015 dan ditargetkan Januari 2016 pengerjaannya sudah dapat dilakukan.

“Kalau cetak sawah baru itu berhasil, maka pemerintah pusat siap menambahnya menjadi 20.000 ribu hektare untuk mengejar target produksi dan menjadikan Aceh, salah satu penyangga pangan nasional,” ujar Andi Amran.

Ia menambahkan, pemerintah pusat fokus membangun pertanian di Aceh, hal itu terbukti tahun ini anggaran sektor pertanian Aceh menjadi Rp 1 triliun, meningkat dari tahun sebelumnya Rp 400 miliar. Anggaran itu diplot untuk membangun irigasi 59 ribu hektare, pengadaan benih, pupuk, dan traktor untuk petani. Hasilnya terbukti, produksi padi Aceh tahun 2016 sejumlah 2,3 juta ton, meningkat dari tahun sebelumnya yang berjumlah 1,8 juta ton.

Untuk mempertahankan harga produksi petani stabil, Kementerian Pertanian menekankan agar Bulog menampung produksi petani dan sistem pertanian dikontrol agar petani tidak melakukan tanam serentak yang berpeluang jatuh harga. (mun)