News Update » Aceh Barat » News Update

3.323 Rumah Miskin Dapat Listrik Gratis

4 November 2015 - 16:52 WIB

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH – Pemeritah Kabupaten Aceh Barat membebaskan biaya listrik kepada 3.323 rumah warga miskin di wilayah itu sekaligus membayar tunggakan pemakaiannya. Program listrik gratis kepada penduduk miskin ini diluncurkan Pemkab mulai 2015 dengan total anggaran Rp 1 miliar dan hanya untuk daya pemakaian 2 amper setiap rumah.

Kadis Pertambangan dan Energi Aceh Barat Herman Yoes mengatakan data warga Aceh Barat yang masuk ke Pemkab dari PLN sebanyak 5.000 rumah. Namun dari hasil verifikasi awal yang masuk, kategori berhak menerima listrik gratis sebanyak 3.323 rumah. Jumlah ini akan mengalami verifikasi lagi untuk memastikan penerima adalah rumah tangga dengan pemakaian listrik berdaya 2 amper. “Kalau di atas 2 amper pemakaian tidak kita bayarkan. Sementara untuk 2015 dana yang diplot Pemkab untuk membayar listrik gratis warga miskin sebesar Rp 1 miliar,” kata Herman didampingi Kabid Migas Listrik dan Energi, Dedek Arisman kepada Serambi kemarin.

Herman mengatakan, program listrik gratis untuk warga miskin terus berlanjut pada 2016 dengan sudah kembali diplotkan anggaran sebesar Rp 1 miliar dalam APBK.

Pada 2015 Pemkab Aceh Barat sudah merealisasikan pemasangan baru Kwh meter dengan daya 2 amper kepada warga miskin sebanyak 2.100 unit/rumah bersumber dari PLN, dari dana Otsus Aceh Barat 255 kk/unit, APBK Aceh Barat 101 kk/unit dan Distamben Aceh 146 kk/unit. “Harapan kita semua warga yang selama ini belum menikmati listrik dapat hidup dengan terang benderang,” kata Kadis Pertambangan dan Energi Aceh Barat Herman Yoes. (riz)