News Update » News Update » Pidie

Sosok Misterius Berjubah Hitam Muncul di Tangse

9 September 2015 - 16:36 WIB

SERAMBINEWS.COM, SIGLI – Warga Desa Blang Dalam dan Layan, Kecamatan Tangse, Pidie sejak seminggu terakhir digegerkan kemunculan sosok misterius berjubah hitam yang bisa menghilang tiba-tiba saat akan disergap. Makhluk aneh itu selalu muncul pada malam hari, terkadang dengan isyarat tangisan bayi bahkan sempat pula dipergoki di dalam sumur warga. Polisi menyerukan masyarakat memperketat jaga malam.

Ikhwal munculnya sosok misterius itu diceritakan Imum Mukim Layan, Fakhruddin Umar kepada Serambi, Selasa (8/9). Menurut Fakhruddin, sosok yang mirip postur laki-laki itu awalnya muncul di Gampong Blang Dalam, seminggu lalu. Warga dua kali memergoki sosok berjubah hitam itu yang muncul menjelang tengah malam, sekitar pukul 23.00 WIB. Saat muncul yang kedua, sempat dikejar warga namun lolos dan menghilang saat akan disergap.

“Semula sempat berkembang dugaan jangan-jangan sosok misterius itu pencuri. Namun sejauh ini tidak ada harta benda masyarakat yang hilang,” kata Fakhruddin.

Menurut Fakhruddin, setelah dua minggu tidak muncul, tiba-tiba pada Minggu (6/9) malam, sosok berjubah hitam itu kembali gentayangan, namun di Gampong Layan, tetangga Blang Dalam.

Di Gampong Layan, sosok itu muncul sekitar pukul 20.00 WIB, di rumah Nurjannah (50). Pemilik rumah kaget luar biasa saat memergoki sosok berjubah hitam di dalam sumur di luar rumah saat Nurjannah akan buang air kecil. Nurjannah berteriak ketakutan sehingga warga sekitar berhamburan ke rumah Nurjannah untuk memastikan apa yang terjadi. Warga sempat melihat sosok berjubah hitam berkelebat di kegelapan malam sehingga langsung dikejar. Ternyata makhluk aneh itu bisa bergerak sangat cepat dan langsung menghilang.

Masih menurut Fakhruddin, pada Senin (7/9) malam, sekitar pukul 20.30 WIB, sosok berjubah hitam itu justru muncul lagi. Kali ini, di dekat rumahnya.

Pada mulanya Fakhruddin sempat mendengar suara tangisan bayi di luar rumah. Penasaran, Fakhruddin mengambil senter dan menuju ke arah suara. Saat senter diarahkan ke suara bayi menangis, yang terlihat justru sosok berjubah hitam. Lagi-lagi makhluk itu berkelebat dan menghilang.

Mendapat laporan Fakhruddin, warga langsung memburu ke arah larinya makhluk itu yakni ke arah Gampong Pucok Sa dan Peunalom Sa, Kecamatan Tangse. “Tetap saja kami kalah cepat. Makhluk itu tak berhasil ditangkap,” kata pria yang akrab disapa Om Din Tangse tersebut.

Dikatakan Om Din, kemunculan sosok berjubah hitam yang kian meresahkan itu sudah dilaporkan ke Polsek Tangse. “Masyarakat masih penasaran dengan kemunculan makhluk aneh itu. Jika modusnya hendak mencuri, tapi harta benda warga tidak disentuhnya. Ada juga yang menduga sosok itu sedang menuntut ilmu hitam. Kami juga telah menginstruksikan warga untuk memperketat jaga malam,” kata Fakhruddin Umar.

Kapolres Pidie, AKBP Muhajir SIK MH melalui Kasat Reskrim AKP P Harahap SH yang dihubungi Serambi, Selasa (8/9) mengatakan, polisi telah menerima laporan warga terhadap munculnya sosok berjubah hitam di sebagian gampong di Kecamatan Tangse. Sosok berjubah hitam itu, menurut polisi bisa saja bermodus pencurian.

“Bisa saja untuk menakuti warga dengan pakai jubah hitam untuk tujuan mencuri. Saya mengimbau warga memperketat jaga malam di gampong masing-masing sehingga orang berjubah hitam itu bisa segera ditangkap. Kami ingatkan warga tidak main hakim sendiri jika sosok itu berhasil ditangkap. Serahkan kepada polisi supaya kita proses secara hukum,” demikian Kasat Reskrim Polres Pidie.(naz)