News Update » Aceh Utara » News Update

Unimal akan Bangun RS Pendidikan

19 August 2015 - 16:07 WIB

SERAMBIFM.COM, LHOKSUKON – Universitas Malikussaleh (Unimal), Aceh Utara dalam pekan ini akan memulai pembangunan Rumah Sakit (RS) Pendidikan di Kampus Reuleut, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara. Dana tahap untuk rumah sakit itu yang bersumber dari APBN sebesar Rp 30 miliar. Rumah sakit tersebut akan menjadi kebanggan masyarakat Aceh Utara dan Lhokseumawe karena merupakan yang pertama di Aceh.

“Kita mulai merintis pembangunan rumah sakit itu jauh-jauh hari dan berhasil mendapat rekomendasi saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Kita sudah dapat rekomendasi dari Menkes, DPRI RI, Pemerintah Aceh dan Bupati Aceh Utara,” kata Rektor Unimal, Prof Dr Apridar kepada Serambi, Selasa (18/8).

Menurutnya, butuh waktu panjang dan kesabaran yang tinggi untuk mendapatkan rumah sakit itu. Dari puluhan universitas negeri di Indonesia, hanya 20 universitas yang mendapatkan rumah sakit itu dan 11 di antaranya baru mulai dibangun, termasuk Universitas Indonesia,” ujar Apridar.

Dikatakan, rumah sakit itu nanti akan menjadi rujukan bagi rumah sakit di Aceh Utara dan Lhokseumawe. Sebab, tipenya setingkat RSUZA Banda Aceh dan akan menjadi pusat laboratorium bagi Fakultas Kedokteran Unimal.

Apridar juga mengatakan, keberadaan rumah sakit itu nanti akan membantu Pemkab Aceh Utara dalam memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat. “Rumah sakit itu kita bangun di Reuleut agar memudahkan masyarakat wilayah barah Aceh Utara mendapat pelayanan kesehatan. Sebab, di kawasan Lhokseumawe rumah sudah banyak rumah sakit lain,” katanya.

Karena itu, Rektor Unimal ini mengimbau masyarakat dan pihak lainnya untuk memberikan dukungan pembangunan rumah sakit itu agar cepat selesai.(jaf)