News Update » Aceh Singkil » News Update

Warga Empat Kecamatan Sulit Peroleh Air Bersih

29 July 2015 - 15:56 WIB

SERAMBIFM.COM, SINGKIL – Warga empat kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil, kesulitan mendapatkan air bersih, akibat kemarau yang berlangsung hampir dua bulan ini. Penduduk yang paling merasakan kesulitan ini yakni warga di Kecamatan Singkil Utara, Danau Paris, Suro, dan Kecamatan Kota Baharu.

Kebanyakan warga di empat kecamatan tersebut mengandalkan sumur dan sungai sebagai sumber air untuk kebutuhan sehari-hari. Khusus di Kecamatan Singkil Utara, warga menggantungkan kebutuhan air dari sumur yang kini mengalami kekeringan akibat kemarau. “Di kecamatan lain, jika sumur kekeringan mereka masih bisa ke sungai. Tapi di Singkil Utara tidak ada sungai yang bisa dijadikan sumber air bersih,” kata Sandi, penduduk Singkil Utara, Selasa (28/7).

Warga Singkil Utara yang sumurnya kering, sudah berupaya membuat sumur baru, namun cadangan air tanah tidak mampu memenuhi kebutuhan warga. “Selama kemarau, sudah tiga kali saya membuat sumur, tapi kini sudah kering lagi,” ujar Digan penduduk Singkil Utara lainnya.

Sementara penduduk Kecamatan Suro, Danau Paris dan Kota Baharu, untuk memenuhi kebutuhan air selama kemarau mereka memanfaatkan aliran sungai. Kendati airnya mulai surut, namun masih cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan catatan harus rela berjalan jauh serta mandi beramai-ramai di sungai terbuka.

Warga berharap Pemkab Aceh Singkil, segera merealisasikan pembangunan sarana air bersih ke empat kecamatan yang kerap kesulitan air saat kemarau. Khusus untuk penduduk Singkil Utara, karena kualitas air tanah di daerah itu sangat buruk.(de)