News Update » Aceh Timur » News Update

Polisi Sita AK-56 Milik Gambit

8 July 2015 - 15:31 WIB

SERAMBIFM.COM, IDI — Aparat Polres Aceh Timur mengamankan senjata api jenis AK-56 plus 2 magasin dan 56 butir peluru aktif milik kelompok Syukriadi alias Gambit dari sebuah pondasi rumah seorang warga di Desa Blang Batee, Kecamatan Peureulak Kota, Aceh Timur, Senin (6/7) sekitar pukul 21.00 WIB.

Kapolres Aceh Timur, AKBP Hendri Budiman SH SIK MH didampingi Wakapolres Kompol Aji Purwanto SIK dan Kasatreskrim AKP Budi Nasuha Waruwu menginformasikan itu kepada wartawan pada konferensi pers di Mapolres Aceh Timur, Selasa (7/7). “Ketika disita dari pondasi rumah seorang warga, senjata api AK-56 plus 2 magasin dan 56 butir peluru aktif itu telah dimasukkan ke dalam karung dan ditutupi seng,” kata AKBP Hendri Budiman.

Menurut polisi, keberhasilan mengamankan senpi AK-56 plus 2 magasin dan 56 butir peluru aktif tersebut berdasarkan pengembangan dari tersangka Gambit yang telah ditangkap pada 2 Juli 2015.

Disebutkan, penggalangan senpi AK-56 itu berdasarkan pengembangan dari tersangka Gambit dengan cara menelepon temannya Zulkarnaini alias AK agar menyerahkan diri sekaligus menyerahkan senjata api kepada Sat Reskrim Polres Aceh Timur supaya senpi itu tidak digunakan untuk hal–hal yang tidak diinginkan. “Akhirnya Zulkarnaini alias AK menyetujui menyerahkan AK-56 plus 2 magasin dan 56 butir peluru aktif, tetapi Zulkarnaini tidak mau menyerahkan diri,” kata Kasat Reskrim Polres Aceh Timur.

Kapolres Aceh Timur menegaskan pihaknya tetap memburu rekan–rekan Gambit, yaitu Zulkarnaini alias AK dan kelompok bersenjata api lainnya di Aceh Timur, seperti Din Minimi dan Raja Rimba. “Kami juga mengimbau masyarakat agar melapor ke polisi apabila ada pengancaman dan pemerasan yang dilakukan kelompok bersenjata api,” pungkas Kapolres Aceh Timur.(c49)