News Update » Aceh Barat » News Update

Polda Tangkap Pelaku Pungli di Perbatasan Aceh-Sumut

15 July 2015 - 13:36 WIB

SERAMBIFM.COM, MEULABOH – Kapolda Aceh, Irjen Pol Husein Hamidi menegaskan, pihaknya sudah menindak tegas sejumlah pelaku Pungutan liar (Pungli) terhadap sopi truk di kawasan perbatasan Aceh dan Sumatera Utara yaitu, di kawasan Aceh Tamiang dan Kabupaten Aceh Singkil.

“Dari sejumlah pelaku pungli yang ditangkap itu salah satu pelakunya oknum anggota polisi,” ujar Irjen Pol Husein Hamidi kepada sejumlah wartawan, Senin (13/7) di Meulaboh ketika melakukan supervisi Operasi Ketupat Rencong 2015.

Dikatakannya, oknum polisi yang tertangkap dan diduga kuat sebagai pelaku pungli itu bertugas di Kabupaten Aceh Singkil dan kini sudah diproses sesuai dengan aturan hukum yang berlaku, serta telah dilakukan penindakan secara internal.

Sedangkan di kawasan Aceh Tamiang, kata Kapolda Aceh itu, tim Propam Polda Aceh juga sudah menangkap sejumlah pelaku pungli yang selama ini diduga meminta uang pada setiap sopir truk yang melintasi kawasan perbatasan antara Aceh dan Sumatera Utara.

Ditambahkan Husein Hamidi, aksi penangkapan yang dilakukan personel polisi dari Propam tersebut sama sekali bukanlah inisiatif dari internal polisi, melainkan inisatif dari awak angkutan barang dan truk yang selama ini mengeluh dengan pungutan liar yang sering terjadi. Ia berharap aksi pungli yang selama ini diresahkan ini tidak lagi terjadi di kemudian hari karena sangat meresahkan masyarakat.(edi)