News Update » Langsa » News Update

Badai Rusak Puluhan Rumah di Langsa

15 July 2015 - 14:15 WIB

LANGSA – Badai dan angin puting beliung disertai hujan deras yang melanda Kota Langsa dan sekitarnya Senin (13/7) petang, menyebabkan puluhan rumah warga setempat rusak berat dan ringan. Kerusakan selain karena dihantam angin, juga akibat tertimpa pohon yang tumbang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Langsa, Rinaldi Aulia, kepada Serambi, Selasa (14/7) mengatakan, berdasarkan hasil pendataan petugas BPBD di lapangan, sedikitnya 20 rumah warga rusak akibat diterpa angin kencang menjelang shalat Magrib Senin lalu. Dari jumlah itu sebelas rumah warga rusak berat dan selebihnya rusak ringan.

Rumah yang rusak berat paling banyak terdapat di Gampong Paya Bujok Seuleumak, masing-masing milik Baharuddin, Sukardi, Junaidi, Tgk Abdullah Gani, Maimul Mahdi, dan sebuah rumah dinas kosong di Gang Satria.

Selebihnya adalah rumah milik Saidi (50) di Paya Bujok Blang Paseh, Selmi di Gampong Geudubang Aceh, M Rida di Gang Pusara, Gampong Birem Puntong, dan sebuah rumah lainnya di belakang PLTD, Gampong Baroh Langsa Lama, Kota Langsa.

Rumah warga yang rusak berat itu, menurut Rinaldi Aulia, sebagiannya karena tertimpa pohon yang tumbang diterpa badai.

Sedangkan rumah-rumah yang rusak ringan, rata-rata dikarenakan atap seng ataupun gentengnya disapu angin, termasuk angin puting beliung. Amatan Serambi, sejumlah pohon di Jalan Ahmad Yani Langsa dan sejumlah jalan umum lainnya tumbang. Sejumlah kanopi rumah toko (ruko), seperti sebuah ruko di depan SMA Negeri 1 Langsa, Jalan TM Zein pusat kota, juga rubuh. Di beberapa titik lainnya juga begitu.(zb)