News Update » Bireuen » News Update

Ratusan Hektare Tanaman Padi Puso

10 June 2015 - 16:33 WIB

SERAMBIFM.COM, BIREUEN – Ratusan hektare tanaman padi yang sudah berumur tiga bulan di kawasan Paya Gurugoh, Kecamatan Gandapura, Bireuen mengalami puso karena diserang hama.

Sekdes Tanjong Raya, Muzakkir kepada Serambi, Senin (8/6) mengatakan, luas sawah di kawasan Paya Geurugoh mencapai 750 hektare yang mencakup Desa Tanjong Raya, Tanjong Mesjid, Tanjong Bungong, Pulo Gisa, Mon Jeureujak dan Blang Kubu.

Setiap Desember kawasan itu tergenang banjir, sehingga tanaman padi mati terendam air. Menurutnya, genangan baru berkurang saat memasuki awal Maret. Ketika petani kembali menggarap sawahnya, tanaman padi diserang hama kepinding tanah. Walau sudah disemprot, tapi hama tersebut bukan berkurang, tapi malah bertambah. Batang padi layu sehingga tak sempat berkembang dan mati. Bahkan, sebagian bulirnya kosong.

“Tahun ini sudah dua kali tanaman padi tergenang. Petani menanam lagi dan saat usia tiga bulan diserang hama, tanaman padi mati lagi,” kata Abdullah, warga Tanjong Raya. Ditambahkan, saluran pembuang yang dibangun tahun lalu perlu ditambah lagi. Sebab, dengan adanya saluran memadai, saat hujan deras tanaman padi tidak tergenang dan hama pun kemungkinan berkurang.(yus)