News Update » Kutaraja » News Update

Pelunasan Biaya Haji Seminggu Lagi

24 June 2015 - 16:35 WIB

SERAMBIFM.COM, BANDA ACEH – Waktu pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2015 untuk tahap pertama tersisa seminggu lagi atau hingga Selasa (30/6). Jumlah Jamaah Calon Haji (JCH) Aceh yang sudah melakukan pelunasan BPIH sampai Senin (22/6) sebanyak 2.665 orang.

Informasi itu disampaikan Kabid Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh, Drs H Herman MSc kepada Serambi, Selasa (23/6). Ia mengatakan, bagi JCH yang sudah melunasi BPIH segera melapor ke Kankemenag kabupaten/kota dengan menyerahkan lembaran bukti setor lunas BPIH.

Pelunasan BPIH, lanjutnya dapat dilakukan di tempat pembayaran setoran awal bagi bank yang menjadi Bank Penerima Setoran (BPS) BPIH. Pelunasan tahap pertama, dimulai 1-30 Juni 2015 selanjutnya akan dibuka tahap kedua pada 7-13 Juli 2015.

Sebagaimana diinformasikan sebelumnya, pelunasan BPIH tahap pertama diwajibkan bagi jamaah haji yang sudah memiliki nomor porsi dan masuk dalam alokasi kuota provinsi maupun kabupaten/kota untuk berangkat ke Tanah Suci pada tahun ini. “Dengan ketentuan belum pernah menunaikan ibadah haji dan sudah berusia 18 tahun atau sudah menikah,” katanya. Selain itu, tahap pertama juga diperuntukkan bagi jamaah lunas tunda yang belum pernah haji, jamaah haji cadangan yang berasal dari nomor porsi berikutnya sebanyak lima persen yang berstatus belum haji. Jamaah haji cadangan ini juga masuk daftar tunggu pada tahun 2016 dari jumlah kuota provinsi dan kabupaten/kota.

Apabila pada pelunasan tahap pertama masih terdapat sisa kuota, kata Herman, maka pada tahap kedua diprioritaskan bagi jamaah tahap pertama yang mengalami kegagalan sistem pada saat pelunasan. Serta jamaah haji lanjut usia, penggabungan suami istri, serta anak dengan orang tua, jamaah lunas tunda yang sudah berstatus haji, dan jamaah yang nomor porsinya masuk alokasi tahun ini dan sudah berstatus haji. (una)