News Update » News Update » Sabang

Pawai Budaya Meriahkan Pembukaan Sabang Fair

3 June 2015 - 16:10 WIB

SERAMBIFM.COM, SABANG – Direktur Promosi Kementerian Pariwisata, Tasbir membuka Festival Sabang Fair (FSF) ke-II 2015 di Arena Sabang Fair, Senin (1/6) malam. Pembukaan FSF dimeriahkan pawai budaya di awal acara yang mengambil start dari Pujasera menuju Arena Sabang Fair. FSF ini akan berlangsung hingga 7 Juni menjelang peringatan HUT emas Kota Sabang ke-50 pada 24 Juni 2015.

Tasbir dalam sambutannya saat membuka acara ini menyambut baik dilaksanakannya FSF ini, sekaligus berharap agar festival ini terus berkembang, sehingga bisa menjadi even nasional, bahkan juga internasional, karena lokasi dan keindahan alamnya sangat mendukung.

“FSF ini sangat tepat menjadi ajang untuk mempersentasikan budaya Aceh. Karena Aceh terkenal dengan budaya dan alamnya. Inilah modal, harta dan warisan yang berharga,” katanya.

Sementara Gubernur Aceh, dalam sambutannya dibacakan Asisten Pemerintahan Setda Aceh, Iskandar A Gani, mengatakan, dalam beberapa kesempatan pihaknya selalu meminta seluruh kabupaten/kota di Aceh agar menggalakan ajang budaya dan pariwisata di daerah-masing-masing.

Sejalan dengan hal tersebut, salah satu even yang cukup penting adalah FSF yang dilaksanakan sekarang. “Festival ini merupakan kegiatan budaya dan seni yang kental bernuansa lokal dalam rangka mempromosikan Aceh ke tingkat dunia. Karena itu, even ini akan banyak diisi dengan kegiatan seni dan budaya dari berbagai wilayah di seluruh Aceh,” kata Iskandar.

Sedangkan Wali Kota Sabang, Zulkifli H Adam mengatakan even yang mengangkat tema “Berkarya untuk Negeri, Spirit dan Inspirasi” ini merupakan perwujudan nyata Pemko Sabang untuk merajut kebersamaan dengan 23 kabupaten/kota di Aceh, sekaligus diharapkan menjadi sebuah sarana mempromosikan potensi dari masing-masing daerah.

Turut hadir saat pembukaan ini para pejabat Sabang, yaitu Kepala BPKS Ir Fauzi Husin, Ketua DPRK Ferdiansyah, Ketua MPU Tgk M Yakob Saleh, Kapolres AKBP Nurmeiningsih, Dandim 0112 Letkol Inf Parsaoran Sirait. Selain itu juga hadir Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Reza Fahlevi, para pimpinan 23 kabupaten/kota, serta sejumlah unsur muspida lainnya.

Amatan Serambi, pembukaan FSF ke-II 2015 ini menyedot perhatian ribuan masyarakat. Tak hanya masyarakat lokal, namun sejumlah turis manca negara. Pembukaan FSF ke-II dimulai pukul 22.00 WIB ditandai penabuhan rapa’i oleh Walikota Sabang Zulkifi H Adam dan para pejabat lainnya. FSF ke-II ini memperebutkan total hadiah Rp 99 juta dengan memperlombakan 6 materi perlombaan, terdiri dari, pawai budaya, anjungan pameran kreatifitas daerah, tari kreasi baru Aceh dan kontemporer, cagok atau lawak khas Aceh, musik etnik kalaborasi Aceh moderen dan musikalisasi puisi. (az)