News Update » Bireuen » News Update

Mahasiswa Demo, Tuntut Anggota Dewan Bireuen Tes Urine

17 June 2015 - 16:14 WIB

SERAMBIFM.COM, BIREUEN – Belasan mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam Koalisi Gerakan Mahasiswa dan Pemuda (Gempa) Bireuen, Selasa (16/6), menggelar demo ke kantor Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Bireuen, menuntut para anggota dewan melakukan tes urine.

Pantauan Serambi, belasan mahasiswa dan pemuda tersebut mulai bergerak ke kantor DPRK Bireuen sekitar pukul 11.30 WIB. Mereka mengusung selembar spanduk yang bertuliskan kritikan dan tuntunan kepada anggota dewan setempat.

Para pendemo secara bergantian berorasi di depan pintu pagar kantor DPRK. Mereka menuntut agar seluruh anggota dewan dilakukan tes urine untuk membuktikan agar wakil rakyat bebas dari narkoba. Koalisi mahasiswa dan pemuda itu juga menuntut anggota dewan untuk merealisasikan berbagai janjinya saat kampanye dulu.

“Anggota dewan itu dipilih oleh rakyat, untuk rakyat. Kami datang kesini untuk menjenguk dan menagih janji petisan separuh tahun silam, janji para anggota dewan untuk memikirkan nasib rakyatnya. Mana bukti dan janjinya itu,” kata Murni koordinator aksi.

Aksi mereka dikawal ketat puluhan anggota Sabhara dari Kepolisian Resort (Polres) Bireuen. Sementara itu, tidak ada seorang pun anggota dewan yang keluar menyambut kedatangan pendemo. Menurut beberapa petugas, tidak ada seorang pun anggota dewan di dalam gedung tersebut. Beberapa satpam terlihat siaga menjaga pintu masuk.

Para pendemo pun terus berorasi meminta Ketua DPRK mendengarkan orasi mereka. Kasat Binmas Polres Bireuen, AKP Darmansyah, lantas meminta para pendemo untuk menghentikan aksinya karena tidak ada izin dari pihak kepolisian.

“Kalian menggelar aksi tanpa izin, kami mohon untuk dihentikan dan membubarkan diri secara baik-baik,” pinta Darmansyah.

Mendengar himbauan dari Kasat Binmas, para demonstran pun secara damai meninggalkan gedung dewan. Aparat keamanan pun membubarkan diri dan kembali ke markasnya.(c38)