News Update » Lhokseumawe » News Update

Jadup Harus Cair Sebelum Lebaran

28 June 2015 - 15:44 WIB

SERAMBIFM.COM, LHOKSEUMAWE – Wakil Ketua Komisi C DPRK Lhokseumawe, M Hasbi SSos MSM, Sabtu (27/6), meminta pemerintah setempat untuk bisa mencairkan dana jatah hidup (Jadup) tahap dua (April-Juni), bagi warga berumur 70 ahun ke atas. Pencairan sudah harus dilakukan sebelum Lebaran Idul Fitri.

“Karena bila dicairkan sekarang akan dapat dimanfaatkan penerima untuk memenuhi kebutuhan Lebaran. Disamping bila dilihat dari bulan anggaran, memang sudah layak dicairkan untuk triwulan kedua,” ujarnya.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Lhokseumawe, Ramli, mengatakan, sejauh ini belum bisa memastikan kapan bisa mencairkan jadup untuk triwulan kedua. Pasalnya, sampai sekarang proses pemutakhiran data belum rampung.

Dijelaskan, setelah pencairan jadup triwulan pertama Mei lalu, pihaknya langsung mengirimkan surat kepada seluruh keuchik untuk melakukan pemutakhiran data kembali, apakah ada yang sudah meninggal ataupun luput pada pendataan tahap awal. “Sampai sekarang ada 12 desa lagi yang belum menyerahkan data kembali ke kami,” ulasnya.

Jadi, sebut Ramli, proses pencairan baru bisa dilakukan bila proses pemutakhiran data rampung. “Tetapi bila ada permintaan untuk dicairkan sebelum lebaran, akan kami upayakan,” janji Ramli.

Untuk diketahui, Pemerintah Kota Lhokseumawe mulai tahun 2015 membagikan jadup bagi masyarakat berumur 70 tahun ke atas. Setiap orang mendapatkan Rp 300 ribu per bulan. Sistem pembayaran dilakukan secara triwulan dan langsung ditransfer ke masing-masing rekening penerima di Bank Aceh.(bah)