News Update » Aceh Utara » News Update

DPD RI Serahkan Bantuan Rp 115 Juta ke Rohingya

7 June 2015 - 16:23 WIB

SERAMBIFM.COM, LHOKSUKON – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menyerahkan bantuan uang tunai Rp 115 juta kepada Rohingya yang ditampung di Aceh Utara, Langsa, Aceh Timur serta Medan. Untuk Aceh bantuan itu diserahkan secara simbolis senator asal Aceh Sudirman alias Haji Uma kepada pewarkilan Rohingya di yang ditampung di Desa Kuala Cangkoi Kecamatan Lapang, Aceh Utara, Sabtu (6/6).

“Bantuan itu adalah sumbangan dari pimpinan DPD, lalu dari dana pemotongan kami tiap bulan untuk bencana alam dan juga dari sumbangan rekan-rekan di DPD secara sukarela. Lalu bantuan itu saya antar langsung ke lokasi, karena saya yang membidangi persoalan sosial,” kata Sudirman kepada Serambi, kemarin.

Menurut Sudirman yang akrab dikenal dengan nama Haji Uma, sebelumnya ia juga sudah menyerahkan bantuan sembako kepada warga Bangladesh di bekas Kantor Imigrasi Kecamatan Blang Mangat dan kepada Rohingya di Lapang. “Kami ke lokasi pengungsi mereka selain untuk menyerahkan bantuan, juga untuk advokasi langsung terhadap persoalan yang dihadapi mereka,” katanya.

Ditambahkan, DPD RI sudah memanggil Kedutaan Besar (Dubes) Myanmar dan Pemerintah Myanmar guna membahas persoalan yang dihadapi di negara tersebut dan pihaknya mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), segera menyelesaikan persoalan di negara tersebut.(jf)