News Update » Lhokseumawe » News Update

Pasokan Gas Rumah Tangga Belum Jelas

3 May 2015 - 15:42 WIB

SERAMBIFM.COM, LHOKSEUMAWE – Warga di Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe yang rumahnya sudah dipasang jaringan gas rumah tangga, mempertanyakan pasokan gas yang hingga saat ini belum ada kejelasan. Dari sisi lain, konstruksi jaringan pipa gas sudah selesai dibangun pada akhir 2014 lalu. “Kami mengharapkan agar ada kepastian, agar kami benar-benar bisa menikmati gas murah yang bisa masuk langsung ke rumah kami,” ujar Zulfikar (28) warga Blang Panyang Lhokseumawe, Sabtu (2/5).

Wakil Ketua Komisi C DPRK Lhokseumawe, M Hasbi, juga mengharapkan, agar proyek jaringan gas rumah tangga tersebut dapat dinikmati segera oleh 3.997 keluarga penerima manfaat di Kota Lhokseumawe. Dengan cepatnya proses penyaluran gas ke rumah-rumah warga, sehingga program jaringan pipa gas di Lhokseumawe tidak menjadi proyek mubazir. “Kami harapkan pihak eksekutif bisa terus melakukan pendekatan dengan pemerintah pusat, agar semua persoalan terkait realisasi program pasokan gas melalui pipa itu bisa terwujud secepatnya,” harap M Hasbi.

Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya, memastikan, pasokan gas untuk 3.997 rumah tangga di Kecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe akan terealisasi dalam tahun 2015, sementara bahan bakar gas, dipasok dari Pertamina melalui PT Arun Perta Gas. Namun, katanya, gas belum disalurkan ke jaringan rumah tangga, karena hingga saat ini belum adanya Metering and Regulating Station, yang merupakan alat untuk mencatat berapa besar gas yang dikeluarkan PT PAG ke jaringan gas rumah tangga. “Namun, sesuai informasi yang saya terima, penyediaan alat catat tersebut sudah dalam proses tender,” ujar Suaidi Yahya.

Ia mengaku belum mengetahui nama perusahaan pememang tender, karena, semuanya proses tender dilakukan di Jakarta. Jika perusahaan pemenang sudah ada, maka pembangunan Metering and Regulating Station langsung dikerjakan. “Saya pastikan, gas untuk rumah tangga akan tersedia, hanya menunggu waktu saja,” demikian Suaidi Yahya.(bah)