News Update » Kutaraja » News Update

Massa Peduli Rohingya Demo di Banda Aceh

20 May 2015 - 16:40 WIB

SERAMBIFM.COM, BANDA ACEH – Massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Aceh Peduli Rohingya (AMAPR) demo di Bundaran Simpang Lima, Banda Aceh, Selasa (19/5) pagi. Mereka mendesak PBB, ASEAN, OKI, Pemerintah RI, dan Pemerintah Aceh memikirkan solusi jangka panjang terhadap permasalahan kewarganegaraan Rohingya di Myanmar.

Melalui demo yang dimulai sekitar pukul 10.00 WIB itu, massa AMAPR ikut mengusung sejumlah spanduk bertuliskan ‘boikot Mynmar’. Ada juga tulisan ‘Save Rohingya’ serta ‘Aksi peduli Rohingya, beramal dan mencintai, karena mereka saudara kita. Mari kita donasikan dan sumbangkan pakaian’.

Koordinator Aksi, Basri Effendi mengatakan, masalah yang dihadapi etnis Rohingya adalah masalah kemanusiaan, di mana mereka ditakdirkan terdampar di perairana Aceh. Sudah saatnya dunia internasional menaruh kepedulian dengan masalah itu, terutama Pemerintah RI yang masyarakatnya mayoritas muslim. “Kami minta keberadaan Rohingya dapat diterima dengan baik dan bisa disediakan satu pulau bagi tempat tinggal mereka. Karena keberadaan mereka di Mynmar tidak diakui kewarganegaraannya, padahal di sana tanah kelahiran mereka. Rohingya ini muslim dan saudara kita semua umat Islam. Tapi, di Mynmar, negara mereka sendiri, diusir, disiksa dan dibunuh. Apa kita membiarkan saudara muslim dan seiman diperlakukan demikian,” teriak Basri dalam orasinya.

Sebelum membubarkan diri, massa AMAPR juga menyuarakan sejumlah tuntutan, di antaranya mendesak dunia internasional menekan Pemerintah Mynmar agar mengakhiri konflik dan berbagai kekerasan yang dilakukan terhadap etnis Rohingya di Arakan. Lalu, mendesak PBB mencabut nobel perdamaian terhadap Aung San Su Kyi, karena tidak dapat melakukan apa-apa terhadap pembantaian etnis Rohingya yang terus terjadi di Myanmar. Kemudian dalam pernyataan sikap itu, massa AMAPR juga mengimbau seluruh masyarakat Aceh menyisihkan sedikit penghasilannya melalui Bank Mandiri 156.00888.33.884, atas nama Aliansi Masyarakat Aceh Peduli Rohingya atau ke posko yang beralamat di Anjungan Kota Langsa, Kompleks Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh.

Berdasarkan pemantauan Serambi dan data dari pihak pelaksana, elemen yang bergabung dalam aksi demo di Simpang Lima kemarin, antara lain KAMMI Aceh, MAPESA, PII, HMI, IMM, PuKAT, relawan komunikasi RAPI, PAHAM Aceh Love Rohingya, FPMPA, HIMMAH, BKPRMI Aceh, DEMA UIN Ar-Raniry, BEM Unsyiah, FSLDK Aceh, PW DDII Aceh, PDDA, KSDA, Himapalsa, PW IKADI Aceh, RMRB, @Acehinfo, @iloveaceh, Komunitas Blogger, Alumni Fulbright Aceh, IKAT, FPI, dan PKPU Aceh.(mir)