News Update » Kutaraja » News Update

Bantuan Mengalir untuk Rohingya

24 May 2015 - 15:37 WIB

SERAMBIFM.COM, BANDA ACEH – Bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya yang kini ditampung di beberapa lokasi di wilayah timur dan utara Aceh terus mengalir. Selain bahan sandang dan pangan, juga layanan kesehatan, pendidikan, dan penyembuhan trauma.

Data yang dihimpun Serambi, pada Sabtu kemarin, Unicef melalui Dinas Kesehatan Aceh menyerahkan 1.000 kotak kelambu untuk pengungsi di lokasi penampungan Pelabuhan Kuala Langsa. Bantuan diterima oleh Ketua Tim Medis Posko Penampungan Pengungsi, Dr T Chik M Iqbal.

Ketua Persit KCK Kodim 0104/Atim, Ny Rini Endra Saputra Kusuma bersama unsur pengurus lainnya serta Dandim 0104/Atim, Letkol Inf Endra Saputra Kusuma ZR, mengunjungi dan menyerahkan sambako untuk pengungsi Myanmar dan Bangladesh di penampungan.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Poltekes Banda Aceh, ikut menyalurkan bantuan sandang dan pangan serta pakaian layak pakai kepada pengungsi. Bantuan diantarkan Wakil Presiden BEM Poltekes, Abu Bakar didampingi aktivis mahasiswa lainnya.

Jenis bantuan dari BEM Poltekkes Banda Aceh di antaranya pakaian anak-anak dan dewasa 20 karung, beras 10 zak, mie instan 33 kotak, susu, minyak goreng, mainan anak, dan lainnya. Menurut Abu Bakar, bantuan dihimpun dari masyarakat Aceh di Banda Aceh dan seluruh keluarga besar Poltekes Aceh.

Mahasiswa juga melakukan penyuluhan kesehatan, perilaku hidup bersih dan sehat, dan memberikan permainan untuk membangkitkan semangat anak-anak pengungsi.

Hingga pukul 12.00 WIB, Sabtu (23/5), pengungsi baik Myanmar dan Bangladesh yang terdata pada tim medis posko penampungan yang jatuh sakit sebanyak 56 orang. Dari jumlah itu sekitar 70 persen mengalami diare dan maag (lambung), selebihnya sakit kepala, gatal-gatal, dan lainnya.