News Update » Kutaraja » News Update

Waiting List Jamaah Haji Aceh 70.454 Orang

15 April 2015 - 16:28 WIB

SERAMBIFM.COM, BANDA ACEH – Kasubbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh, Akhyar MAg mengatakak waiting list (daftar tunggu) jamaah haji Aceh hingga Senin (13/4) mencapai 70.454 orang, dan apabila belum ada penambahan kuota, maka diperkirakan harus menunggu hingga 2033.

“Belum ada penambahan kuota, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama terus meminta agar ada penambahan kuota. Namun sampai sekarang belum ada, karena perluasan Masjidil Haram belum fix 100 persen. Tidak hanya Indonesia, seluruh dunia juga meminta adanya penambahan kuota dari Pemerintahan Arab saudi,” jelasnya.

Akhyar menyebutkan musim haji tahun ini kuota jamaah haji Aceh masih sama dengan tahun lalu yaitu 3.111 orang, dan terdiri atas delapan kelompok terbang (kloter). Jamaah haji Aceh tahun ini, tambahnya akan berangkat ke Tanah Suci dengan pesawat jenis boeing 777 kapasitas 393 orang. Kapasitas pesawat lebih kecil dibanding tahun lalu yang mampu mengangkut 440 orang dalam tiap kloter.

Sementara itu, data yang diperoleh Serambi dari Humas Kanwil Kemenag Aceh dari Januari-Maret 2015 terdapat 334 jamaah calon haji Aceh yang mengajukan pembatalan diri.

Pada Januari terdapat 110 orang dengan alasan terbanyak meninggal dunia 72 orang. Februari tercatat 101 orang mengundurkan diri dengan alasan meninggal dunia mencapai 69 orang. Dan Maret ada 123 orang mengundurkan diri dengan alasan meninggal dunia mencapai 73 orang. Alasan lainnya karena sakit, keluarga, ekonomi, tidak mendapat izin atasan, dan tidak sanggup menunggu antrian, serta mendaftar haji khusus. (una)