News Update » Kutaraja » News Update

Menpar Launching Banda Aceh Wisata Islami Dunia

1 April 2015 - 16:44 WIB

SERAMBIFM.COM, JAKARTA – Menteri Pariwisata (Menpar) RI, DR Ir Arief Yahya MSc melaunching pariwisata Banda Aceh sebagai world islamic tourism (wisata islami dunia) di Gedung Graha Sapta Pesona Kemenpar RI, Jakarta, Selasa (31/3).

Peluncuran pertama dilakukan di Indonesia ini ditandai penabuhan rapai secara bersama oleh Menpar, Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal, dan CEO Pasific Asia Travel Association (PATA) Indonesia Chapter, Purnomo Siswoprasetjo.

“Pariwisata tersebut memiliki nilai kebudayaan dan keekonomian. Aceh memiliki nilai-nilai itu dan memiliki positioning yang bagus dan marketing besar. Saya yakin Aceh sangat kuat di situ,” kata Arief.

Ia juga menyampaikan akan menambah anggaran untuk promosi dan destinasi di Aceh Rp 10 miliar, karena anggaran yang sudah ada saat ini Rp 10 miliar dinilainya masih kurang. Menpar juga meminta pemerintah mengirimkan 100 orang untuk dididik guna menjadi agent of chage tanpa merusak apapun di Aceh, termasuk syariat Islam.

Terkait anggaran untuk wisata syariah, Arief belum dapat menyebut pasti angkanya. Namun murni untuk wisata syariah ada sekitar 20 persen. Selain Aceh, sebutnya yang berpotensi untuk positioning wisata syariah adalah Sumatra Barat dan Nusa Tenggara Barat.

Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal yang mempresentasikan tentang Banda Aceh sebagai wisata islami memaparkan Banda Aceh memiliki beragam sejarah, mulai masa kolonial Belanda, konflik, musibah, dan berbagai budaya yang ada. Menurutnya, wisata Islami di daerah yang dipimpinnya tersebut merupakan wisata yang berlandaskan nilai-nilai Islam.(una)