News Update » Kutaraja » News Update

Nelayan Lampulo Kumpul Koin untuk PM Australia

2 March 2015 - 16:07 WIB

SERAMBIFM.COM, BANDA ACEH – Aksi memprotes Perdana Menteri (PM) Australia, Tony Abbott dengan mengumpulkan koin, ternyata tidak hanya dilakukan para aktivis di Aceh. Kemarin, aksi itu dilakukan sejumlah nelayan di Tempat Penampungan Ikan (TPI) Baru Lampulo, Banda Aceh. Aksi itu mendapat perhatian warga yang datang untuk berbelanja ikan ke kawasan itu.

Aksi tersebut digagas Tim Tujuh (Tim pembantu percepatan pembangunan perikanan Lampulo) bersama sejumlah nelayan. Dalam aksinya, nelayan membentangkan selembar spanduk berukuran empat meter, dengan gambar PM Australia, Tony Abbott. Sejumlah nelayan dan warga yang datang ke lokasi itu, berteriak “Cok pulang, cok pulang” (ambil kembali) sambil melemparkan koin tepat pada gambar Tony Abbott.

Hamdani, Ketua Tim Tujuh seusai aksi kepada Serambi, mengatakan, aksi itu sengaja dilakukan pihaknya karena merasa kecewa dan kesal terhadap Perdana Menteri Australia, Tonny Abbott atas pernyataannya terkait eksekusi dua warga Australia karena kasus narkoba di Indonesia.

“Seharusnya dia tidak perlu untuk mengungkit lagi pemberian negaranya kepada Aceh. Kita yang mendengarnya tentu sangat kecewa, bukan hanya aktivis yang bisa melakukan aksi ini, kita nelayan juga bisa karena kita sama-sama kecewa dengan pernyataan si Tony itu,” ujar Hamdani.

Aksi yang berlangsung selama satu jam lebih itu cukup menarik perhatian warga. Suasana pagi di TPI Lampulo yang ramai dikunjungi warga Banda Aceh sengaja dimanfaatkan nelayan untuk melancarkan aksinya, agar jumlah koin yang terkumpul tidak sedikit.

“Tadi nelayan juga antusias mengikutinya, hampir semua nelayan ikut melemparkan koin. Kalau warga yang datang memang ramai sekali. Koin ini nanti akan kami serahkan kepada aktivis di Banda Aceh yang melakukan aksi serupa selama ini, nanti biar mereka yang serahkan,” kata Hamdani yang juga akrab disapa dengan Pawang Abang.(sb)