News Update » Aceh Selatan » News Update

Boat Pengangkut Elpiji Ditemukan di Abdya

11 March 2015 - 16:34 WIB

SERAMBIFM.COM, TAPAKTUAN – Boat Pengangkut elpiji asal Aceh Selatan yang dilaporkan hilang kontak saat berlayar ke Simeulue, ditemukan di perairan Aceh Barat Daya (Abdya). Boat yang baru diketahui bernama KM Anisa itu, dilaporkan mengalami kerusakan mesin saat berlayar, kemudian hanyut ke arah barat daya.

“KM Anisa ditemukan di perairan Aceh Barat Daya, pada Selasa (10/3) pukul 08.00 WIB bersama tiga awak boat. Boat tersebut kemudian ditarik boat pukat nelayan Abdya, ke Pelabuhan Susoh,” kata Ketua Satgas SAR Kabupaten Aceh Selatan, May Fendri SE, kemarin.

Informasi ini diterima Satgas SAR dari Panglima Laot Abdya yang mengetahui bahwa boat tersebut sudah ditarik ke Pelabuhan Susoh. Kronologis peristiwa ini belum didapat, lantaran tim penyelamat sedang fokus pada upaya penyelamatan para awak boat yang telah dilakukan nelayan Abdya.

Informasi telah ditemukannya boat Anisa bersama ketiga awaknya, juga telah dikonfirmasi Sekdakab Simeulue, Naskah Bin Kamar, yang mengaku mendapat informasi lagnsung dari awak boak tersebut, yang masih ada hubungan keluarga dengannya.

Komandan Pangkalan AL (Danlanal) di Simeulue, Letkol Laut Elfanda juga mengonfirmasi, bahwa boat dan tiga awaknya dilaporkan selamat. “Boat dan awaknya ditemukan dalam keadaan selamat, dan saat ini boatnya sudah ditarik ke Pelabuhan Susoh, Abdya, karena lebih dekat dengan titik penemuan boat tersebut,” kata Danlanal Simeulue Letkol Laut Elfanda.

Upaya pencarian boat KM Anisa yang hilang kontak sejak Jumat (6/3) malam itu, dilakukan dengan melibatkan Basarnas Aceh, Satgas SAR wilayah barat–selatan Aceh, BPBK Aceh Selatan dan BPBK Simeulu, serta Satgaskom RAPI Aceh Selatan dan Simeulue.

“Upaya pencarian berakhir setelah nelayan Abdya berhasil menarik boat tersebut ke pelabuhan Susoh. Kepada Nelayan dan Panglima Laot Abdya, Basarnas Aceh, BPBK dan RAPI kami ucapkan terima kasih atas partisipasinya membantu pencarian ini,” kata May Fendri.(tz/sm)