News Update » Lhokseumawe » News Update

4 April, Gerhana Bulan Total di Langit Aceh

29 March 2015 - 15:33 WIB

SERAMBIFM.COM, LHOKSEUMAWE – Gerhana bulan total akan terjadi pada Sabtu (4/4), mulai pukul 17.15 – 20.45 WIB. Jika cuaca cerah, fenomena alam ini bisa terlihat di langit Aceh. Di Lhokseumawe, gerhana tersebut baru akan terlihat pada pukul 19.00 WIB, dan 8 menit kemudian akan terlihat pula di Banda Aceh dan kabupaten/kota lainnya di Aceh.

“Kami mengimbau pada masyarakat agar bisa mempersiapakan diri untuk melaksanakan shalat sunat gerhana bulan setelah selesai shalat Magrib di masjid masing-masing dengan mekanisme atau ketentuan dapat ditanyakan kepada tokoh agama,” kata Tgk Ismail SSy, pembina Lembaga Kajian Ilmu Falak (LKIF) STAIN Malikussaleh Lhokseumawe, Sabtu (28/3).

Menurut Ismail, gerhana bulan merupakan satu fenomena alam di mana ketika itu posisi matahari bumi dan bulan berada pada satu garis lurus. “Bila bayang bumi hanya menutupi sebagian permukaan bulan, maka gerhana ini dinamakan dengan gerhana bulan parsial. Bila bayang bumi menutupi seluruh permukaan bulan, maka dinamakan dengan gerhana bulan total,” katanya.

Lebih lanjut Ismail menjelaskan, gerhana bulan total adalah sebuah peristiwa gerhana bulan, di mana lingkaran bayang inti bumi sepenuhnya menutupi lingkaran bulan. “Secara kasat mata, saat puncak gerhana terjadi, seluruh bulatan piringan bulan akan terlihat berwarna hitam selama beberapa saat. Puncak gerhana total untuk kali ini akan terjadi pada pukul 18.58 WIB,” ujarnya.(bah)