News Update » Lhokseumawe » News Update

1.147 Pekerja PTPN-I Belum Terima Gaji

22 March 2015 - 15:35 WIB

SERAMBIFM.COM, LHOKSEUMAWE – Sebanyak 1.147 pekerja baik berstatus buruh ataupun karyawan di PT Perkebunan Nusantara (PTPN)-I Kebun Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, belum menerima gaji bulan Februari 2015 yang harus dibayarkan pada awal Maret. Sedangkan untuk membayar gaji para pekerja setiap bulanya, PTPN-I Kebun Cot Girek membutuhkan dana capai Rp 2 miliar.

Sejumlah karyawan PTPN I Kebun Cot Girek, kepada Serambi, Sabtu (21/3) menjelaskan, biasanya perusahaan selalu membayar gaji mereka tepat waktu, antara tanggal 1 hingga 5 tiap bulanya. Namun pada bulan Maret ini, hingga memasuki akhir bulan, gaji bulan Februari belum dibayarkan juga. Mereka mengaku sudah dipertanyakan pada manajemen perusahaan, namun belum bisa dipastikan jadwal pembayaran gaji mereka. “Untuk kebutuhan hidup, kami para buruh sangat tergantung dari gaji setiap bulan,” ujar seorang pekerja yang enggan disebutkan namanya.

Humas PTPN-I Kebun Cot Girek, Abdul Wahab Tursina, mengaku, keterlambatan pembayaran gaji bulan ini karena produksi kebun sedang menurun.

Dijelasknya, luas areal sawit sekarang ini mencapai tujuh ribu hektare. Namun sebagian dari luas lahan tersebut dalam proses replanting untuk proses penanaman tanaman baru. “Karena kurang produksi, gaji para pekerja tertunda. Kami mengharapkan para pekerja bisa bersabar, gajinya tetap akan dibayar, meskipun sejauh ini belum bisa memastikan kapan akan dibayarkan,” ujar Abdul Wahab.(bah)