News Update » Kutaraja » News Update

BPJS Bentuk Tim Kendali Mutu di Aceh

27 February 2015 - 16:47 WIB

SERAMBIFM.COM, BANDA ACEH – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan telah membentuk Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya (TKMKB) program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) se-Provinsi Aceh pada akhir Desember tahun lalu. Tim ini sudah bekerja sejak dibentuk dan diketuai oleh drg Saifuddin Ishak, M.Kes, PKK.

Tim independen ini bertugas untuk mengendalikan mutu dan biaya melalui sosialisasi kewenangan tenaga kesehatan dalam menjalankan praktik profesi sesuai dengan kompetensi serta pembinaan etika dan disiplin profesi kepada tenaga kesehatan. “TKMKB merupakan tim yang terdiri atas organisasi profesi, yaitu IDI, PDGI, IAI, IBI, PPNI, dan juga melibatkan akademisi dan pakar klinis yang terbagi dalam tim koordinasi dan tim teknis,” kata Manajer BPJS Kesehatan Kanwil Aceh Dra Rita Masyita Ridwan, Apt,M.Kes dalam siaran persnya kepada Serambi, kemarin. Penjelasan ini, kata Rita, juga sekaligus untuk menjawab harapan banyak pihak terkait perlunya pengawasan program JKN, sebagaimana ditulis dalam laporan eksklusif di Serambi Indonesia, dua pekan lalu.

Disebutkan, pada kasus tertentu tim kendali mutu dan kendali biaya dapat meminta informasi tentang identitas, diagnosis, riwayat penyakit, riwayat pemeriksaan dan riwayat pengobatan peserta dalam bentuk salinan/ fotokopi rekam medis kepada fasilitas kesehatan sesuai dengan kebutuhan.

BPJS Kesehatan juga telah memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan lokakarya TKMKB program JKN se-Aceh di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Sabtu (14/2) dua pekan lalu. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr M Yani, M.Kes.PKK . Sedangkan Prof Dr Ascobat Gani MPH selaku Ketua TKMKB Pusat ikut menjadi pemateri terkait peran dan fungsi TKMKB dalam mengawal pelaksanaan JKN.(sak)