News Update » Kutaraja » News Update

Aceh Raih PKH Award

18 February 2015 - 16:30 WIB

SERAMBIF.COM, BANDA ACEH – Pemerintah Aceh kembali menerima penghargaan (award) dari Pemerintah Pusat sebagai pengakuan sukses atas pelaksanaan berbagai program pembangunan. Kali ini penghargaan diberikan Menteri Sosial RI atas keberhasilan pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk kategori dana sharing tertinggi tingkat provinsi.

Informasi yang diterima Serambi menyebutkan, PKH Award 2015 untuk Pemerintah Aceh diterima oleh Kepala Dinas Sosial Aceh, Bukhari AKS MM dari Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa. Prosesi penyerahan penghargaan berlangsung di Gedung Aneka Bhakti Kemensos RI di Jakarta, Selasa 17 Februari 2015.

Kepala Dinas Sosial Aceh, Bukhari mengatakan, penilaian berdasarkan persentase tertinggi alokasi dana sharing APBD tingkat Provinsi Tahun 2014 dibagi nominal bantuan PKH selama 1 tahun pada provinsi yang bersangkutan. Berdasarkan penilaian tersebut, maka pemenang untuk regional barat yaitu Provinsi Aceh, Provinsi Kalimantan Timur, dan Provinsi Kepulauan Riau.

Program Keluarga Harapan adalah program pengentasan kemiskinan nasional yang bersumber dari DIPA APBN Kemensos RI dengan sasaran keluarga sangat miskin (KSM) dengan cara memberikan bantuan tunai bersyarat melalui PT Pos Indonesia. Pelaksana utama program ini adalah Dinas Sosial.

Total bantuan PKH yang diterima Aceh pada 2014 adalah Rp 142.001.079.500 dengan sasaran 80.055 KSM penerima yang tersebar di 247 kecamatan dalam 23 kabupaten/kota di Aceh. “Aceh dinilai berhasil dalam pelaksanaan program tersebut termasuk dalam hal share dana dari APBA/APBK untuk operasional di lapangan termasuk untuk pendamping dan operator untuk entry data,” kata Bukhari didampingi Sekretaris Dinsos Aceh, Drs Burhanuddin.(nas)