News Update » Aceh Jaya

Pertumbuhan Terumbu Karang Butuh Pengawasan Kolektif

20 January 2015 - 17:02 WIB

SERAMBIFM.COM,CALANG – Pertumbuhan terumbu karang di kawasan Pulau Reusam dan Calang perlu pengawasan secara kolektif atau bersama agar bisa tumbuh dengan sempurna, karena sangat bermanfaat untuk manusia dan biota laut. Pengawasan itu dimaksut agar tidak ada nelayan yang menggunakan jangka penangkap ikan di derah pemeliharaan karena akan merusak pertumbuhan terumbu tersebut.

“Kita berharap kepada para nelayan dan pihak lainnya agar terumbu karang yang sedang tumbuh di kawasan Pulau Reusam dan sekitarnya supaya bisa dijaga bersama, dengan tidak menggunakan jangka di daerah itu,” harap Ridwan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Jaya kepada Serambi, Selasa (20/1), di Calang.

Ia menambah, terumbu karang tersebut hanya bisa tumbuh sekitar 5 cm dalam setahun, namun saat ini beberapa titik yang belum ada terumbu karang di daerah Pulau Reusam akan dilakukan peunambahan kembali pada 2015 ini, karena wilayah itu sedang dilakukan pengembangan wisata. Dijelaskan, terumbu karang tersebut sangat bermanfaat untuk manusia dan biota laut, sedangkan untuk biota laut, terumbu karang merupakan habitat bagi banyak spesies laut seperti untuk peneluran, pembesaran anak, makan dan mencari makan (feeding dan foraging), terutama bagi sejumlah spesies yang memiliki nilai ekonomis penting.(*)