News Update » Aceh Jaya » News Update

Penanganan Buaya di Lhok Bot belum Maksimal

25 January 2015 - 15:27 WIB

SERAMBIFM.COM, CALANG – Penangkapan buaya liar di kawasan Desa Lhok Bot, Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya, yang dilakukan BKSDA Ace sebulan lalu dinilai belum maksimal. Pasalnya, dari ratusan buaya yang berkeliaran di permukiman warga itu, hanya satu ekor yang ditangkap dan BKSDA tidak melanjutkan penanganan hewan buas tersebut. Sementara, ternak warga semakin banyak yang dimangsa buaya yang berkembang biak di desa tersebut.

“Penangkapan buaya oleh BKSDA Aceh beberapa waktu lalu tidak maksimal, dan terkesan hanya untuk menunjukkan bahwa mereka sudah bekerja. Padahal hasil dari kegiatan penangkapan itu, jauh dari harapan masyarakat. Setelah menangkap satu ekor buaya, petugas BKSDA pun tak pernah terlihat lagi di desa tersebut,” kata Saudi, anggota DPRK Aceh Jaya, Sabtu (24/1).

Ia menambahkan, ternak warga di daerah itu masih terus dimangsa buaya di kawasan Lhok Bot. “Masyarakat berharap penanganan terhadap buaya liar ini dilakukan dengan tuntas, hingga masyarakat tidak selalu merasa was-was atas serangan hewan buas tersebut,” pintanya.

Laporan terbaru, pada Kamis (22/1) sore, seekor sapi milik warga di Lhok Bot kembali diterkam buaya liar di daerah itu.

Sementara, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Aceh Jaya, Saiful Bahri menyebutkan, pihaknya yang memiliki kaitan dengan penanganan satwa liar, mengaku siap membatu pihak BKSDA dalam hal mengatasi buaya yang selama ini meresahkan warga.(c45)