News Update » Lhokseumawe » News Update

Polisi Tangkap Perampok Tauke Sawit

27 November 2014 - 22:59 WIB

SERAMBIFM.COM, LHOKSEUMAWE – Budiono (40), pria asal Medan, Sumatera Utara, ditangkap warga di kawasan Keude Cunda, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, seusai merampok tas berisi uang Rp 5 juta dari dalam mobil Qurthubi (38), tauke kelapa sawit asal Kecamatan Cot Girek, Aceh Utara, Rabu (26/11) siang. Tas berisi uang itu dirampok tersangka saat korban mengganti ban mobilnya yang bocor.

Ketika digeledah polisi, dari kantong tersangka ditemukan kartu identitas (Id card) wartawan atas nama Budiono, dari Harian Umum Sinar Pagi serta sebuah kunci T.

Informasi yang diperoleh Serambi, setelah Qurthubi mengambil uang Rp 20 juta di sebuah bank di Cunda, Lhokseumawe, uang itu dia simpan di tas dan tasnya ditaruh di atas jok mobil. Kemudian, ia mampir di loket pembayaran listrik. Sebelum turun, ia sempat mengambil uang Rp 15 juta dari tasnya untuk diserahkan kepada seseorang.

Saat hendak pergi lagi, Qurthubi melihat ban belakang mobilnya sudah kempes, lalu dia buka untuk mengganti ban bocor tersebut dengan ban cadangan. Tiba-tiba saat bangun selagi mengganti ban, ia lihat seorang pria sedang mengambil tas berisi uang dari dalam mobilnya. Di depan mobil itu menunggu seorang pria lain yang mengendarai sepeda motor (sepmor) jenis Yamaha Jupiter MX.

“Sebelum dia kabur saya berhasil rebut kembali tas saya itu dari tangannya. Sedangkan pria yang mengenderai sepeda motor itu langsung tancap gas,” kata Qurthubi kepada Serambi kemarin.

Adapun tersangka yang belakangan diketahui bernama Budiono langsung kabur ke kawasan Keude Cunda. Warga yang mengetahui kejadian itu berusaha mengejarnya. Tak lama kemudian, pria itu berhasil ditangkap. Warga yang kesal langsung menghajarnya. Tak lama kemudian, polisi tiba di lokasi dan mengamankan Budiono.

“Kemungkinan dia sudah mengikuti saya dari belakang ketika saya mengambil uang di bank. Sebab, di dalam mobil itu juga ada saya simpan uang lain, tapi bukan dalam tas. Namun, yang sempat dia ambil hanya yang di dalam tas saja,” ujar Qurthubi. Saat dihubungi, ia sedang berada di Polres Lhokseumawe untuk melaporkan kejadian yang dialaminya kepada polisi.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Cahyo Hutomo SIK melalui Kasat Reskrim, AKP Decky Hendra Wijaya menyebutkan bahwa dari tersangka polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa uang Rp 600.000, selembar STNK sepeda motor, kunci T, SIM A dan C, serta Id card wartawan atas nama Budiono.

Penyidik juga sudah memintai keterangan dari korban dan tersangka untuk penyelidikan lebih lanjut. Apalagi dalam kasus ini seorang teman tersangka berhasil melarikan diri.

Ini bukan kasus pertama di Lhokseumawe warga dirampok saat memperbaiki ban mobilnya yang bocor. Kamis (20/11) sekitar pukul 11.30 WIB lalu, terjadi perampasan Rp 250 juta uang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang hendak dibayarkan kepada tenaga medis di Puskesmas Paya Bakong, Aceh Utara.

Mobil ambulans yang disopiri M Ali itu tiba-tiba bocor bannya, lalu dia parkir di halaman Masjid Agung Islamic Center Lhokseumawe. Saat ia memperbaiki ban, ternyata uang Rp 250 juta yang terletak di jok depan mobil dilarikan pelaku yang hingga kemarin belum tertangkap. (jf)